Kompas.com - 10/06/2018, 13:54 WIB
Jembatan Kali Kenteng Kementerian PUPRJembatan Kali Kenteng

JAKARTA, KOMPAS.com - Jembatan Kali Kenteng yang berada di ruas Tol Salatiga-Kartasura menjadi salah satu titik kritis dari tol fungsional yang dibuka pada musim Lebaran 2018.

Hingga kini, pembangunan jembatan ini baru mencapai 65 persen. Untuk menunjang kelancaran arus kendaraan, pengelola membangun jalur sementara berupa perkerasan lean concrete setebal 10 sentimeter sepanjang 500 meter pada sisi bawah jembatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikian, bukan berarti kemacetan bisa langsung dihindari dengan hadirnya jalur sementara tersebut.

Baca juga: Temuan Perjalanan Mudik Tim Merapah Trans-Jawa

"Kendaraan harus mengalami antrean rata-rata 30 menit akibat penyempitan dari dua lajur menjadi satu lajur," Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja dalam keterangan tertulis, Minggu (10/6/2018).

Ia menjelaskan, jalur sementara itu memiliki lebar antara delapan hingga sepuluh meter. Dengan tingkat kemiringan sekitar 10 persen, di sepanjang jalur tersebut telah dilengkapi dengan rambu-rambu, pagar dan petugas yang mengarahkan kendaraan agar berhati-hati saat melintasinya.

Sejumlah pemudik saat melintasi tol fungsional Salatiga-Kartasura.Kementerian PUPR Sejumlah pemudik saat melintasi tol fungsional Salatiga-Kartasura.
"Kendaraan melintas perlahan satu persatu dengan kecepatan sekitar 20 km per jam," ujarnya.

Endra menambahkan, animo masyrakat untuk melintasi Tol Salatiga-Kartasura cukup tinggi. Kemarin, misalnya, dari pukul 06.00 WIB hingga 16.00 WIB, tercatat 5.604 kendaraan melintasi Jembatan Kali Kenteng.

Lalu lintas terpadat terjadi sekitar pukul 15.00 WIB, dimana terdapa 1.105 kendaraan yang melintasinya.

"Hari ini, Minggu atau H-5 jelang Lebaran, pantauan di lapangan dari pukul 06.00 sampai 10.00 WIB, tercatat sebanyak 2.068 kendaraan yang melintasi jalan sementara di Kali Kenteng," kata dia.

Ia pun mengimbau agar masyarakat tetap berhati-hati ketika melintasi ruas ini. Terutama bagi kendaraan yang kondisinya tidak cukup prima.

Ia menyarankan, kendaraan demikian dapat menghindari antrian di Kali Kenteng dengan keluar ruas tol di pintu Tingkir untuk kemudian melanjutkan perjalanan di melewati jalan nasional Salatiga-Boyolali hingga Solo.

Sejumlah pemudik melintasi Jembatan Kali Kenteng yang ada di ruas Tol Salatiga-Kartasura.Kementerian PUPR Sejumlah pemudik melintasi Jembatan Kali Kenteng yang ada di ruas Tol Salatiga-Kartasura.

Saksikan video reportase perjalanan mudik Tim Merapah Trans Jawa berikut ini:


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.