Kompas.com - 09/06/2018, 17:03 WIB

KENDAL, KOMPAS.com - Arus lalu lintas di jalan tol Batang-Semarang mulai padat pada H-6 Lebaran 2018.

Untuk mengurangi penumpukan kendaraan, petugas kepolisian kadang harus melakukan pemecahan arus di pintu keluar Grinsing.

Menurut Kapolres Kendal AKBP Adiwijaya, lalu lintas kendaraan yang masuk ke tol Weleri masih lancar meskipun volumenya bertambah. Kepadatan mulai terjadi pada sore hari menjelang maghrib.

“Kami selalu berkoordinasi dengan yang ada di Batang supaya sebagian dilewatkan pintu keluar Grinsing, sebagian lewat gerbang Elok, sebelum jembatan Kali Kuto,” kata Adiwijaya, Sabtu (9/6/2018).

Baca juga: Pemudik Kebingungan Masuki Tol Batang-Semarang

Dia menambahkan, petugas di pos jaga yang ada di pintu masuk tol Weleri, Kendal, setiap waktu mengingatkan pemudik supaya tetap hati-hati.

Sebab, karena kondisi jalan lancar, biasanya pengemudi menambah kecepatan mobilnya. Padahal, kata Adiwijaya, secara fisik mereka sudah lelah karena melakukan perjalanan jauh.

“Lewat pengeras suara, kami selalu mengingatkan supaya istirahat bila mengantuk atau capek. Di samping itu, kecepatannya harus 40 sampai 60 km per jam,” ujar Adiwijaya.

Dia memprediksi, puncak arus mudik terjadi mulai malam nanti.

Salah satu pemudik dari Jakarta, Rofik, yang beristirahat di pospam pintu masuk Tol Weleri, mengaku arus lalu lintas dari Jakarta hingga Weleri pada umumnya lancar. Kemacetan terjadi di Tol Cikampek.

“Lancar. Kami hanya capek setelah perjalanan jauh,” ucap Rofik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.