Jangan Lupa... Uang THR Bisa untuk Bayar Uang Muka Rumah! - Kompas.com

Jangan Lupa... Uang THR Bisa untuk Bayar Uang Muka Rumah!

Kompas.com - 09/06/2018, 16:28 WIB
Program ?Hadiah Spesial Bulan Kemenangan? ini menawarkan bunga KPR hanya 5 persen fixed dua tahun, dan 8 persen di tahun ketiga bagi calon pembeli rumah di Harvest City. Program hanya berlaku selama Juni 2018.Dok Harvest City Program ?Hadiah Spesial Bulan Kemenangan? ini menawarkan bunga KPR hanya 5 persen fixed dua tahun, dan 8 persen di tahun ketiga bagi calon pembeli rumah di Harvest City. Program hanya berlaku selama Juni 2018.

CIBUBUR, KOMPAS.com - Bank Tabungan Negara (BTN) memanfaatkan momentum ramadan untuk mendongkrak realisasi Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dengan bersinergi dengan pengembang perumahan Harvest City, Cibubur. Kerjasama tersebut berupa tawaran Tunjangan Hari Raya (THR) berupa KPR suku bunga dan uang muka rendah.

Kepala Kantor BTN Cabang Cibubur, Dedy Lesmana, mengatakan kerjasama BTN dengan Harvest City itu untuk memberikan kesempatan membeli rumah secara mudah dan murah bagi kalangan pekerja dan PNS yang tengah menikmati uang THR dan gaji ke-13 bagi kalangan PNS untuk persiapan Idul Fitri 1439 hijriah yang jatuh 15-16 Juni 2018.

Dedi menjelaskan, program bertajuk “Hadiah Spesial Bulan Kemenangan” itu menawarkan bunga KPR hanya 5 persen fixed dua tahun, dan 8 persen di tahun ketiga bagi calon pembeli rumah di kota mandiri seluas 1.350 hektar di kawasan timur Jakarta tersebut.

"Bukan cuma bunga kredit murah, tapi untuk kerjasama ini BTN juga menggratiskan biaya provisi, biaya administrasi, biaya appraisal, dan diskon asuransi jiwa 10 persen bagi calon pembeli yang menggunakan KPR Bank BTN untuk program pembelian selama Juni 2018," ujar Dedi, Sabtu (9/6/2018).

Dedi berharap, program ini bisa mengajak pekerja atau karyawan yang sudah menerima THR untuk menggunakan uang dengan bijaksana dan produktif. Contohnya adalah membeli rumah dengan sisa uang THR, karena uang muka sangat rendah lewatr kerjasama ini.

"Selain itu, saya juga berharap, masyarakat bisa memakai momentum kuatnya cash flow jelang lebaran ini, terutama karena adanya THR, untuk bisa punya rumah," kata Dedi.

Bagi BTN, ungkap Dedy, kerjasama dengan Harvest City sangat prospektif, karena segmen pasarnya sangat besar di kalangan ekonomi menengah atas. Adapun harga yang ditawarkan Rp300 juta sampai Rp700 juta per unit.

"Potensinya besar sehingga kami senang bekerjasama untuk pembiayaan ini, apalagi lahan yang luas untuk dikembangkan dan fasilitas semakin lengkap. Kami mengharapkan kerjasama ini bisa mendorong pencapaian target penyaluran kredit kami,” ujarnya.

Untuk wilayah Cibubur, Bekasi dan Depok atau kawasan timur Jakarta, menurut Dedi, BTN sendiri memiliki target penyaluran KPR bersubsidi dan nonsubsidi sebesar Rp1,2triliun pada 2018.

Dedy mengatakan, realisasi KPR sampai Mei 2018 sudah mencapai Rp590 miliar atau mencapai 119 persen dari target yang ditetapkan hingga Mei tahun ini.

Sementara itu, Manajer Pemasaran Harvest City, Leonard Suprijatna, mengakui bahwa pihaknya menyediakan program subsidi uang muka ringan, yakni hanya Rp2 juta sampai Rp7 jutaan. Program subsidi ini sudah termasuk untuk pembelian rumah tipe Sakura (menengah), sedangkan uang muka untuk tipe real estate DP hanya sebesar Rp9 juta.

"Kami dan BTN juga sepakat menggratiskan BPHTB, biaya provisi, biaya administrasi dan biaya apraisal dalam proses KPR nanti. Tapi, program ini hanya berlaku selama pembelian bulan Juni ini," ujar Leonard.

Leonard menambahkan, dengan besaran uang muka ini, sisa uang THR-pun sebetulnya cukup untuk membayar uang muka. Menurut dia, momentum THR dan gaji ke-13 ini tepat untuk dijadikan kesempatan punya rumah.


EditorLatief

Close Ads X