6 Jembatan Terpanjang di Indonesia

Kompas.com - 08/06/2018, 16:45 WIB
Warga menyusuri Selat Madura saat air surut untuk mengumpulkan kerang di sekitar proyek Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) di kawasan Tambak Wedi, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (5/6). Jembatan Suramadu yang menghabiskan dana sebesar Rp 4,5 triliun itu telah siap dioperasikan dengan membawa harapan baru terjadinya percepatan pembangunan di kawasan Madura.
KOMPAS/RADITYA HELABUMI Warga menyusuri Selat Madura saat air surut untuk mengumpulkan kerang di sekitar proyek Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) di kawasan Tambak Wedi, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (5/6). Jembatan Suramadu yang menghabiskan dana sebesar Rp 4,5 triliun itu telah siap dioperasikan dengan membawa harapan baru terjadinya percepatan pembangunan di kawasan Madura.

KOMPAS.com - Sejumlah jembatan menjadi ikon kebanggaan beberapa daerah di Indonesia.

Tak hanya itu, jembatan juga kerap menjadi tujuan wisata. Dari sejumlah jembatan di Indonesia, berikut adalah 6 jembatan terpanjang di Indonesia:  

1. Jembatan Suramadu

Jembatan yang menghubungkan antara wilayah Pulau Jawa dan Pulau Madura ini membentang di atas Selat Madura.

Jembatan yang memiliki panjang 5.438 meter dan lebar 30 meter ini diresmikan pada Juni 2009.

Dengan panjang hingga ribuan meter, Jembatan Suramadu menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.

Selain itu, Jembatan Suramadu menyediakan empat lajur dua arah selebar 3,5 meter dengan

Salah satu penumpang Kapal Layar Mesin HOS Tjokroaminoto memotret Jembatan Suramadu dari sisi bawah, Rabu (9/3/2016), di Surabaya, Jawa Timur. Selat Madura, terutama di sekitar Jembatan Suramadu, memiliki potensi wisata bahari yang dapat dikembangkan baik dari sisi Bangkalan, Madura, maupun sisi Surabaya. Pengembangan potensi wisata bahari penting untuk merespons surutnya minat warga menaiki kapal penyeberangan dari Surabaya ke Madura.KOMPAS/HERPIN DEWANTO PUTRO Salah satu penumpang Kapal Layar Mesin HOS Tjokroaminoto memotret Jembatan Suramadu dari sisi bawah, Rabu (9/3/2016), di Surabaya, Jawa Timur. Selat Madura, terutama di sekitar Jembatan Suramadu, memiliki potensi wisata bahari yang dapat dikembangkan baik dari sisi Bangkalan, Madura, maupun sisi Surabaya. Pengembangan potensi wisata bahari penting untuk merespons surutnya minat warga menaiki kapal penyeberangan dari Surabaya ke Madura.
dua lajur darurat selebar 2,75 meter.

Suramadu juga menyediakan lajur khusus bagi pengendara sepeda motor di setiap sisi luar jembatan.

Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian, yaitu jalan layang, jembatan penghubung, dan jembatan utama.

2. Jembatan Pasupati

Jembatan Pasupati menghubungkan jalan Terusan Pasteur dengan Jalan Surapati dan melewati Cikapundung.

Nama Pasupati ini menggantikan  nama sebelumnya Paspati yang dalam bahasa Sunda berarti “Pas mati”.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X