Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25 Titik Kios Pertamax di Jalur Tol Fungsional Jawa Tengah

Kompas.com - 05/06/2018, 08:47 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com – Sebanyak 25 titik Kios Pertamax disiapkan Pertamina di jalur mudik jalan tol fungsional di Provinsi Jawa Tengah.

Kios Pertamax itu bisa dijangkau pemudik yang singgah di tiap rest area dan parkir bay yang telah disiapkan.

General Manager PT Pertamina Daop IV Jateng-DIY Yanuar Budi Hartanto di Semarang, Senin (4/6/2018) malam menjelaskan, saat ini MOR IV menyiapkan 25 titik kios Pertamax di sepanjang jalur tol fungsional.

Baca juga: Tol Salatiga-Kartasura Fungsional 8 Juni, Dua Rest Area Disiapkan

Penyiapan itu tidak lain karena di jalur itu belum ada layanan pengisian bahan bakar umum (SPBU), sehingga disediakan layanan pengisian bahan bakar bersifat sementara.

“Kami siapkan Kios Pertamax, sementara ada di 25 titik. Kalau nanti dibutuhkan tambahan kita tambah, selama ini kami anggap 25 titik itu cukup menempati di rest area sementara, parking bay di jalan tol fungsional,” kata Yanuar.

Penyiapan Kios Pertamax itu, sambung dia, juga nantinya dilengkapi dengan dispenser dan tempat penyimpanan (storage) berupa mobil tangki. Kios Pertamax dikhususkan untuk membantu pemudik yang berpotensi akan kehabisan bahan bakar.

“Kios Pertamax dilengkapi dispenser dan storage mobil tangki, jadi harapannya bisa membantu teman yang butuh bahan bakar,” ujarnya.

Yanuar menegaskan, layanan Kios Pertamax di jalan tol fungsional bersifat darurat. Oleh karena itu, pihaknya membatasi pembelian BBM dalam jumlah yang besar.

“Layanan ini sifatnya darurat, tidak sama dengan layanan regular. Untuk layanan itu maka kami lakukan pembatasan pembelian supaya tidak full singgah, tapi untuk kebutuhan sampai di SPBU berikutnya,” pungkasnya.

25 kios pertamax itu tersebar mulai dari Brebes hingga Sragen. Antara lain rest area KM 252, KM 275, KM 282 B, KM 287, KM 294 B (Ruas tol Pejagan-Pemalang), rest area KM 344, Exit Tol Gambuhan, rest area KM 367 (Ruas Pemalang-Batang).

Di ruas jalan tol Batang-Semarang, layanan kios pertamax ada di parking bay KM 381 B, KM 401 B, rest area KM 389, KM 407, parking bay KM 418, rest area KM 420, parking Bay di KM 436 B, parking bay di KM 442, KM 5.

Kemudian parking bay KM 467, parking bay KM 22 B, rest area KM 49 di ruas tol Bawen-Salatiga, dan di ruas Solo-Kertosono ada di parking bay KM 482 B, rest area KM 519 B, KM 591 A, KM 538 A, dan KM 538 B. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com