Rekayasa Lalu Lintas Mudik di "Exit Toll" Grinsing

Kompas.com - 31/05/2018, 14:49 WIB
Kondisi konstruksi Jembatan Kalikuto di Tol Batang-Semarang, Sabtu (26/5/2018). Kompas.com / Dani PrabowoKondisi konstruksi Jembatan Kalikuto di Tol Batang-Semarang, Sabtu (26/5/2018).

SEMARANG, KOMPAS.com – Jembatan Kalikuto di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, direncanakan dapat dilintasi pada H-2 Lebaran. Polisi pun memberlakukan rekayasa lalu lintas di ruas itu agar tak terjadi kemacetan panjang.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono menjelaskan, kepolisian telah bersiap melakukan rekayasa sebelum jembatan yang menjadi ikon Tol Batang-Semarang itu digunakan.

Rekayasa yang dimaksud yaitu dengan memanfaatkan satu jalur pantai utara Jawa (pantura) arah ke Jakarta untuk kendaraan dari jalur tol fungsional.

Baca juga: Pertama, Jembatan Pelengkung Kalikuto Dirakit di Lokasi

“Di Jembatan Kalikuto itu nanti akan mengambil sekitar 500 meter ruas jalan nasional, dari arah Semarang-Jakarta akan diambil satu ruas untuk tampung (kendaraan) dari jalan tol dari fungsional, lalu masuk lagi,” kata Condro kepada Kompas.com, Kamis (31/5/2018).

Condro menegaskan, rekayasa lalu lintas memanfaatkan satu dari dua lajur dari jalan nasional ke arah Jakarta. Di sela jalan itu nantinya diberi pembatas jalan atau tolo-tolo agar kendaraan berjalan tertib.

“Khusus jalur sebelah kiri nanti jadi dua arah. Itu lebih bagus ketimbang buka tutup. Itu memanfaatkan ruas sampai selesai jembatan (Kalikuto) itu,” ucapnya.

“Kalau jembatan selesai, nanti jalur (tol fungsional) dibuka,” imbuh Condro. 

Sejuah ini, kata dia, Jembatan Kalikuto tidak dapat digunakan untuk arus mudik pada 8-13 Juni mendatang. Namun jika setelah tanggal tersebut pekerjaan telah selesai, Jembatan Kalikuto tentu dapat difungsikan.

“Kalikuto untuk arus mudik 8-13 Juni itu tidak difungsikan, tapi kalau nanti jadi digunakan dan itu lebih bagus,” pungkasnya. 

Akbar Bhayu Tamtomo PANSELA

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X