Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulang ke Yogyakarta, Disambut 56 Pantai Cantik di Sepanjang Pansela

Kompas.com - 30/05/2018, 21:01 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempromosikan jalur pantai selatan (pansela) Jawa menjadi jalur alternatif arus mudik menjelang tahun 2018 ini.

Jalur pansela Jawa terbentang sepanjang 1.405 kilometer mulai dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sampai ke Jawa Tmur.

Jika pemudik berencana melakukan perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta, nantinya melintasi 56 obyek wisata pantai yang tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY.

Baca juga: Jalan Lebih Mulus, Pansela Jawa Siap Jadi Jalur Alternatif Mudik

Inilah salah satu alasan Kementerian PUPR gencar menyosialisasikan para pemudik untuk menggunakan jalur pansela karena banyaknya obyek wisata di sana.

Menurut data Kementerian PUPR, ada 13 obyek wisata pantai menarik yang bisa dikunjungi di sepanjang pansela Jawa Barat, yaitu Pantai Geopark dan Pantai Ujung Genteng di ruas jalan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Pantai Pulang Sawal atau dikenal sebagai Pantai Indrayanti terletak di kawasan pantai Sundak, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY.BARRY KUSUMA Pantai Pulang Sawal atau dikenal sebagai Pantai Indrayanti terletak di kawasan pantai Sundak, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY.
Kemudian, ada Pantai Tegal Buleud di ruas jalan Tegal Buleud di kabupaten yang sama.

Selanjutnya, pemudik bisa menikmati Pantai Arafa di ruas jalan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur. Masuk ke Kabupaten Cianjur, di ruas jalan Cilaki bisa ditemui Jembatan Cilaki yang merupakan jembatan penghubung dengan Kabupaten Garut.

Berikutnya di Kabupaten Garut, ada Pantai Rancabuaya dan Pantai Guha di ruas jalan Rancabuaya, Cijayana; Pantai Cijayana di ruas jalan Cijayana; Pantai Sayang Heulang di ruas jalan Cialutereun; dan Pantai Santolo di ruas jalan Sp Cialutereun.

Berlanjut ke Kabupaten Pangandaran, ada Pantai Mandasari di ruas jalan Kalapagenep, Pantai Batu Hiu di ruas jalan Pangandaran; dan Pantai Pangandaran yang berada di ruas jalan yang sama.

Terakhir, terdapat Pantai Karangtawulan di sepanjang ruas jalan Cipatujah di Kabupaten Tasikmalaya.

Masuk ke Provinsi Jawa Tengah, ada empat kabupaten yang menyajikan pemandangan pantai tidak kalah indahnya dari daerah lain.

Pantai Teluk Penyu CilacapKontributor Semarang, Nazar Nurdin Pantai Teluk Penyu Cilacap
Ada Pantai Teluk Penyu dan Pantai Nusakambangan di Kabupaten Cilacap, lalu di Kabupaten Kebumen tersuguh Pantai Menganti dan Pantai Bopong.

Berikutnya ke Kabupaten Purworejo, pemudik bisa menikmati eloknya Pantai Jetis dan Pantai Jatimalang. Selanjutnya, di Kabupaten Wonogiri ada Pantai Nampu dan Waduk Gajahmungkur.

Hingga akhirnya masuk ke Provinsi DIY, di sinilah obyek wisata terbanyak yang bisa ditemui, yaitu 36 pantai yang berada di wilayah tersebut. Untuk daftar lengkapnya sebagai berikut: 

Tiga pantai di Kabupaten Kulon Progo, yaitu Pantai Congot, Pantai Glagah, dan Pantai Trisik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com