Pemudik Lewat Tol Pejagan-Pemalang Cukup Bayar Tarif Setengah

Kompas.com - 30/05/2018, 17:15 WIB
Pekerja mengerjakan pembatas jalan pada ruas Tol Pejagan-Pemalang di Tegal, Jawa Tengah, Jumat (18/5). Ruas Tol Pejagan-Pemalang seksi II dan IV (Brebes Timur-Pemalang) siap diujicoba beroperasi sehingga dapat digunakan pada arus mudik lebaran 2018. ANTARA FOTO/Hafidz MubarakPekerja mengerjakan pembatas jalan pada ruas Tol Pejagan-Pemalang di Tegal, Jawa Tengah, Jumat (18/5). Ruas Tol Pejagan-Pemalang seksi II dan IV (Brebes Timur-Pemalang) siap diujicoba beroperasi sehingga dapat digunakan pada arus mudik lebaran 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu jalan tol yang akan dibuka fungsional atau sementara pada musim mudik Lebaran 2018, yaitu Tol Pejagan-Pemalang.

Jalan tol sepanjang 57,5 kilometer ini, terbagi ke dalam empat seksi. Seksi 1 dan 2 yaitu dari Pejagan hingga Brebes Timur sudah beroperasi dan dikenakan tarif.

Sementara Seksi 3 dan 4 mulai dari Brebes Timur hingga Pemalang akan dibuka fungsional. Meski demikian, kondisi jalan di dua seksi terakhir sepanjang 37,3 kilometer ini, sudah seperti layaknya jalan tol yang beroperasi.

Baca juga: Penghubung Timur dan Barat Kediri, Jembatan Rp 32 Miliar Diresmikan

"Ini (yang dibuka fungsional) enggak akan dikasih tarif," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Dengan demikian, para pengguna jalan yang akan melintasi jalur ini, cukup membayar tarif untuk ruas Pejagan-Brebes Timur sebesar Rp 20.000.

Status fungsional yang masih tersemat di dua seksi terakhir disebabkan proses uji laik fungsi dan operasi yang belum beres dilaksanakan.

Proses pengujian tersebut dilakukan oleh Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan dan Korps Lalu Lintas Polri.

Sementara itu, Basuki mengatakan, Kementerian PUPR menyediakan 13 gardu tol sementara di KM 294 untuk menjangkau transaksi pembayaran pemudik yang melintasi Brebes Timur dari Cikampek menuju Semarang.

"Kalau yang mau terus, kalau enggak ada ini dia lolos, free. Jadi, Palimanan ke sini, bayarnya di sini. Setelah itu fungsional," kata dia.

KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMO Infografik Top up E-Toll

 

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X