Mau Ibadah Puasa Maksimal, Perhatikan Kamar Tidur Anda... - Kompas.com

Mau Ibadah Puasa Maksimal, Perhatikan Kamar Tidur Anda...

Kompas.com - 29/05/2018, 15:35 WIB
Ilustrasi kamar tidurFresh Home Ilustrasi kamar tidur

KOMPAS.com - Memiliki waktu istirahat yang cukup turut menjadi salah satu kunci keberhasilan menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini. Sebab, aktivitas di luar rumah sering kali membuat tubuh lelah. Imbasnya, pada saat beribadah, kita menjadi susah fokus.

Meski beristirahat dapat dilakukan dimana saja, namun hampir sebagian besar waktu istirahat kita habiskan di dalam kamar tidur.

Untuk itu, memiliki kamar yang nyaman tentunya dapat mendongkrak kualitas istirahat sekaligus beribadah.

Berikut tips menata kamar tidur yang dirangkum Kompas.com dari Real Simple:

1. Pilih cat dinding yang menenangkan pikiran

Bagi sebagian orang, kamar tidur adalah tempat untuk bersantai dan bukan untuk memindahkan lokasi tempat kerja dari kantor ke rumah.

Karena itu, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa warna cat dinding yang diaplikasikan mampu memberikan ketenangan batin dan jiwa.

"Warna putih dapat memantulkan cahaya. Pilihlah warna yang lembut seperti abu-abu, biru terang, atau hijau," kata seorang desainer interior, Paige Schnell.

2. Matikan lampu

Lampu LED yang berwarna putih terang mampu menghasilkan cahaya biru yang sebanding dengan daya listrik yang dikeluarkan.

Anda bisa memilih untuk mengganti ukuran atau warna LED dengan warna yang lebih redup atau mematikannya bila perlu.

3. Atur suhu ruangan

Suhu ruangan yang paling ideal saat Anda tidur yakni antara 60-67 derajat Fahrenheit.

4. Atur alarm

Riset menunjukkan bila pada saat terbangun dan langsung melihat cahaya matahari terbit, dapat meningkatkan kewaspadaan, suasana hati, serta kinerja kognitif.

Ada baiknya, bila Anda mencari alarm yang tidak hanya mengeluarkan bunyi peringatan, tetapi juga bisa memberikan stimulasi cahaya secara bertahap.



Close Ads X