Trik Menciptakan Ruang Kerja Produktif - Kompas.com

Trik Menciptakan Ruang Kerja Produktif

Kompas.com - 27/05/2018, 15:00 WIB
Ruang kerja Soho design karya JR design.www.arsitag.com Ruang kerja Soho design karya JR design.

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memenuhi kebutuhan hidup, Anda harus bekerja. Namun, Anda tidak boleh berlebihan dalam bekerja.

Jangan menghabiskan 24 jam waktu Anda dalam sehari hanya untuk bekerja. Daripada menambah jumlah jam kerja, lebih baik meningkatkan produktivitas dan kreativitas Anda sehingga hasilnya akan jauh lebih berkualitas.

Salah satu caranya adalah dengan memiliki ruang kerja modern dengan desain interior yang telah dirancang sedemikian rupa.

Berikut ini beberapa inspirasi desain interior ruang kerja hasil kolaborasi Kompas.com, dan Arsitag untuk meningkatkan kreativitas Anda:

Gaya klasik nan elegan

Ruang kerja The Timeless Classic di Surabaya karya Iwan Sastrawiguna.www.arsitag.com Ruang kerja The Timeless Classic di Surabaya karya Iwan Sastrawiguna.
Bekerja di ruang kerja bergaya klasik dapat memberikan romantisme kolonial pada masa lampau. Selain itu desain interior klasik juga identik dengan tampilan yang elegan dan artistik.

Kreativitas Anda dalam bekerja pasti akan meningkat jika dilakukan di ruang kerja bergaya seperti ini.

Gaya minimalis bersih

Ruang kerja Ss Residence di Tangerang karya Irianto Purnomo Hadi.www.arsitag.com Ruang kerja Ss Residence di Tangerang karya Irianto Purnomo Hadi.
Bekerja akan lebih menyenangkan jika dilakukan di ruangan yang minimalis.

Ruang kerja minimalis biasanya akan memberikan kesan yang bersih dan tidak berantakan, sehingga Anda dapat berpikir lebih kreatif ketika mengerjakan tugas-tugas dan pekerjaan Anda.

Pencahayaan optimal

Ruang kerja 2Br Unit - Residence 8 di Jakarta karya Rekamagna.www.arsitag.com Ruang kerja 2Br Unit - Residence 8 di Jakarta karya Rekamagna.
Cahaya redup dapat memberikan ketenangan dan konsentrasi pada diri Anda saat bekerja. Suasana cozy tentunya dapat Anda rasakan di ruang dengan pencahayaan redup.

Namun, ruang kerja yang terlalu gelap justru dapat membuat mata Anda mengalami masalah. Jadi, sebaiknya Anda mengatur pencahayaan ruang kerja menjadi tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup.

Lemari dokumen terorganisasi

Ruang kerja Rd Residence di Jakarta karya Helloembryo.www.arsitag.com Ruang kerja Rd Residence di Jakarta karya Helloembryo.
Beragam berkas, buku, dan perlengkapan kerja akan terlihat sangat berantakan jika tidak disusun secara rapi. Apabila jumlahnya sudah terlalu banyak, Anda membutuhkan lemari untuk menyimpan semuanya.

Mungkin ruang kerja dengan lemari buffet dapat menampung semua berkas dan peralatan kerja Anda. Hasilnya ruang kerja Anda terlihat rapi dan membuat Anda betah untuk bekerja di sana.

Optimalisasi ruang

Ruang kerja Vl Apartment di Jakarta karya Tre Studio.www.arsitag.com Ruang kerja Vl Apartment di Jakarta karya Tre Studio.
Bekerja dari rumah adalah impian bagi setiapa orang. Apalagi, jika ruang kerja Anda menjadi satu dengan kasur.

Setelah lelah bekerja dan menyelesaikan deadline yang tidak ada hentinya, Anda bisa langsung berbaring dan beristirahat di kasur.

Ruang kerja seperti ini tentunya sangat cocok bagi para freelancer atau desainer yang semua pekerjaannya bisa dilakukan dari rumah. Namun, jangan tergoda untuk tidur saat bekerja.

Ruang kerja bersama

Ruang kerja Taman Palem Residence di Jakarta karya Graharupa Studio.www.arsitag.com Ruang kerja Taman Palem Residence di Jakarta karya Graharupa Studio.
Bekerja sendirian selama berjam-jam justru akan membuat Anda bosan dan mengantuk. Anda perlu teman mengobrol untuk menghilangkan penat Anda sejenak.

Untuk mewujudkannya, Anda bisa memiliki ruang kerja seperti di atas yang terdiri dari dua meja yang bersebelahan.

Gaya playful untuk anak-anak

Ruang kerja Private Residence 3 di Jakarta karya G | Momentcapture.www.arsitag.com Ruang kerja Private Residence 3 di Jakarta karya G | Momentcapture.
Bekerja tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa. Anak-anak juga memiliki pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru mereka di sekolah.

Ruang kerja dengan ornamen-ornamen yang lucu tentu akan sangat cocok untuk anak-anak Anda di rumah. Selain itu, ruang kerja Anak juga bisa mereka gunakan sebagai ruang belajar.

 

 

 

 


Sumber

Close Ads X