Kompas.com - 24/05/2018, 11:30 WIB

CARY, KOMPAS.com - Peritel furnitur kelas global IKEA kembali menyatakan kabar pilu. Mereka mengubur impian buka toko seiring remuknya industri ritel.

Jika sebelumnya toko yang batal dibangun terletak di Preston, Inggris, kini IKEA turut melakukan hal serupa di Amerika Serikat.

Baca juga: Laba Anjlok 40 Persen, IKEA Batal Bangun Toko Raksasa

Warga negara pimpinan Donald Trump itu bersiap gigit jari, menyusul batalnya IKEA berlabuh di Cary, North Carolina. Padahal, semula toko itu dijadwalkan beroperasi mulai 2020.

News and Observer pada Kamis (24/5/2018) mewartakan, sejatinya warga Cary telah menantikan kehadiran IKEA. Hal itu bisa tercermin dari berbondong-bondongnya warga mengunjungi open house IKEA Juli tahun lalu.

Keputusan peritel Swedia menarik diri turut disesalkan otoritas setempat. Sejatinya, pemerintah telah memberi lampu hijau bagi IKEA untuk menancapkan bendera kebesarannya.

Cary Town Manager Sean Stegall tak bisa menyembunyikan rasa sedihnya pada email yang dikirimkan pada News and Observer.

"Namun, kami bersyukur keputusan itu diambil sebelum toko mulai dibangun dan warga mulai bekerja di sana," ujar Stegall.

Menurut Stegall, toko IKEA itu rencananya bakal menggantikan lahan kosong pasca tumbangnya Sears dan Macy.

IKEASHUTTERSTOCK IKEA
Terkait langkah mereka urung membuka toko, manajemen IKEA memberi penjelasan.

Menurut IKEA, keputusan itu diambil bukan akibat ada yang salah dengan kota Cary, melainkan murni kebijakan perusahaan untuk efisiensi.

Baca juga: Bisnis Ritel Makin Suram, IKEA Pecat Ratusan Karyawan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.