Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivitas Konstruksi Jembatan Kalikuto Disetop H-3 Lebaran

Kompas.com - 23/05/2018, 23:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktivitas konstruksi Jembatan Kalikuto baru dihentikan H-3 Lebaran 2018.

Jembatan di ruas Tol Batang-Semarang itu memang dirancang ikonik. Tak hanya kokoh secara struktur, tetapi juga memiliki arsitektur indah.

Fungsinya hampir sama seperti Jembatan Holtekamp di Jayapura, Papua, yaitu sebagai tengara atau land mark tol sepanjang 75 kilometer itu.

Baca juga: Jembatan Kalikuto, Ikon Tol Batang-Semarang Dirakit di Tiga Tempat

Menurut Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto, sulitnya pekerjaan konstruksi pada jembatan tersebut, membuat waktu penyelesaian lebih lama.

"Karena itu membutuhkan presisi yang tinggi dan tidak boleh gagal sedikit pun. Saya tidak mau memaksa karena presisi tinggi. Kalau saya berikan tekanan berlebih, dia enggak jadi. Makanya dia selesai di H-3," kata Arie di kantornya, Rabu (23/5/2018).

Saat ini, progres konstruksi Jembatan Kalikuto sudah mencapai 70 persen. Sama halnya dengan Tol Batang-Semarang, jembatan itu juga akan dibuka fungsional saat musim lebaran.

Hanya, masyarakat tidak akan melintasi jembatan itu, melainkan jalur yang telah disiapkan yang ada di sampingnya.

Jalur itu bersifat dedicated yang terletak di jalan nasional, sehingga hanya mereka yang melintasi Tol Batang-Semarang yang bisa melintasinya.

"Nanti lewat menggunakan interchange Gringsing, keluar sedikit 1 kilometer, masuk tol lagi," kata dia.

Untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas, Kementerian PUPR telah berkoordinasi dengan Korps Lalu Lintas Polri agar menyiapkan rekayasa arus.

"Termasuk juga untuk menjaga simpangan sebidang. Karena di tol fungsional ada lintasan sebidang dengan jalan penduduk, ini kan harus dijaga," tuntas Arie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com