Kompas.com - 21/05/2018, 10:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperkirakan arus mudik tahun 2018 lebih baik dari tahun lalu.

Sebab, infrastruktur jalan nasional berupa jalan tol dan non-tol telah disiapkan dengan seksama hingga tingkat pengerjaan sudah 90 persen. 

Untuk di Pulau Jawa, pembangunan dan perbaikan jalan non-tol telah dilakukan, baik di lintas utara, tengah, dan selatan Jawa.

Baca juga: Mudik Lewat Jalur Pansela, Anda Melintasi 23 Kabupaten Sekaligus

Khusus di ruas pantai selatan (pansela) Jawa, selain kondisi jalannya cukup baik, para pemudik bisa melihat pemandangan indah di sepanjang jalur tersebut.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, pihaknya terus berusaha menyediakan infrastruktur jalan dengan kondisi lebih bagus dan mulus.

Jalur pantai selatan (pansela) Jawa.Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Jalur pantai selatan (pansela) Jawa.
“Kami berusaha keras untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Untuk jalur lintas pansela, kami sebut sebagai scenic road atau jalur wisata. Kondisi jalannya tahun ini mantap,” kata Arie Setiadi Moerwanto dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (21/5/2018).

Baca juga: Kondisi Mulus, Pemerintah Rekomendasikan Mudik Lewat Jalur Pansela

Senada dengan Arie Setiadi, Direktur Preservasi Jalan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahardian mengimbau masyarakat agar mencoba menggunakan jalur pansela Jawa karena libur Lebaran tahun ini cukup panjang.

“Tahun ini jumlah penginapan juga sudah lebih banyak, demikian juga tempat camping dan fasilitas umum lainnya,” kata Hedy.

Jalur pantai selatan (pansela) Jawa.Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Jalur pantai selatan (pansela) Jawa.
Untuk diketahui, jalur pansela jawa memiliki panjang 1.405 kilometer yang dibangun menyusuri pantai selatan mulai dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, hingga Jawa Timur.

Jika pemudik melintasi jalur tersebut, akan ada banyak obyek wisata pantai yang ditemukan tidak jauh dari jalan.

Sebagai contoh, ada Pantai Santolo, Pantai Pangandaran, Pantai Teluk Penyu, Pantai Parangtritis, Pantai Soge, dan Pantai TIga Warna.

Selain itu, ada pemandangan hamparan sawah dan pegunungan yang menjadi spot menarik untuk berfoto. 

Jalur pantai selatan (pansela) Jawa.Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Jalur pantai selatan (pansela) Jawa.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.