Kondisi Mulus, Pemerintah Rekomendasikan Mudik Lewat Jalur Pansela - Kompas.com

Kondisi Mulus, Pemerintah Rekomendasikan Mudik Lewat Jalur Pansela

Kompas.com - 18/05/2018, 16:23 WIB
Jalur Pansela JawaKementerian PUPR Jalur Pansela Jawa

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merekomendasikan jalur alternatif mudik Lebaran 2018, Pantai Selatan Jawa ( Pansela).

Direktur Preservasi Jalan Kementerian PUPR Hedi Rahadian mengatakan, kondisi aktual jaringan jalan pansela lebih bagus karena sebagian besar jalan non-tol Trans-Jawa relatif bisa digunakan.

"Jalan nasional secara umum kondisinya mantap. Ada rute mudik wisata di pantai selatan (pansela) Jawa dengan pemandangan yang luar biasa," ujar Hedi Rahadian seusai jumpa pers, Jumat (18/5/2018) di kantor Kementerian PUPR, Jakarta.

Baca juga: Basuki Pastikan Jalur Mudik Jakarta-Semarang Siap Dilintasi

Jalur pantai selatan (pansela) Jawa sepanjang 1.405 kilometer memiliki banyak obyek wisata menarik yang bisa dikunjungi.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Jalur pantai selatan (pansela) Jawa sepanjang 1.405 kilometer memiliki banyak obyek wisata menarik yang bisa dikunjungi.
Menurut dia, kondisinya relatif baik mulai dari Merak ke Labuhan, lalu ke selatan lewat Bayah, Pelabuhan Ratu, Pangandaran, Cilacap, sampai ke Yogyakarta sepanjang 888 kilometer.

Nantinya jalur pansela itu akan bertemu dengan jalur lintas tengah kemudian menyambung hingga Banyuwangi sepanjang 600 kilometer.

Baca juga: Mulus, Kondisi Jalur Mudik Tol Gempol-Pasuruan

"Jadi, jalannya lebih panjang yakni 1.405 kilometer. Manfaatkan jalur lintas selatan karena nanti liburnya cukup panjang," kata Hedi.

Dia berharap para pemudik bisa lebih santai dalam perjalanan di sepanjang pansela sambil menikmati pemandangan di sekitarnya. Selain itu, ada tempat penginapan yang bagus tersedia di sana.

Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa.Kementerian PUPR Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa.


Komentar
Close Ads X