Benda-benda Ini Wajib Dibersihkan Sebelum Lebaran

Kompas.com - 20/05/2018, 15:00 WIB
Ilustrasi spons yang dibersihkanNine Ilustrasi spons yang dibersihkan

KOMPAS.com - Lebaran memang masih jauh di pelupuk mata. Tetapi tidak ada salahnya bila Anda bersiap diri untuk menghadapinya. Paling tidak, hal itu bisa dimulai dengan membersihkan peralatan yang ada di rumah.

Beberapa barang yang Anda miliki merupakan hunian yang nyaman bagi tumbuh kembang bakteri. Karena itu, Anda perlu membersihkannya secara berkala.

Berikut beberapa hal yang dirangkum Kompas.com dari Nine, tentang hal-hal yang harus Anda bersihkan setiap waktu:

Sprei

Lebaran memang merupakan ajang berkumpul keluarga. Biasanya, keluarga yang memiliki rumah yang cukup besar dan dituakan, akan menjadi sasaran untuk menghabiskan waktu bersama pada saat itu.

Sudah menjadi mahfum bila menginap juga menjadi tradisi. Karena itu, ada baiknya, bila sprei yang digunakan pada tempat tidur dicuci terlebih dahulu.

Menurut Head of The Allergen and Upper Airways Group di Woolcock Institute of Medical Research, Euan Tovey, mencuci sprei idealnya dilakukan satu hingga dua minggu sekali.

Hal ini juga tergantung pada kebiasaan Anda sebelum tidur. Jika punya kebiasaan malas mencuci kaki atau membersihkan tubuh sebelum tidur, sebaiknya mencuci sprei dilakukan lebih cepat.

"Kami telah melakukan penelitian yang menunjukkan Anda bisa terpapar tungau lebih sering jika berada di tempat tidur berdebu," kata Tovey.

Ilustrasi kasurNine Ilustrasi kasur

Sarung bantal dan guling

Wajah Anda merupakan salah satu pusat dari bagian terkotor di tubuh. Aktivitas seharian mampu membuat debu menumpuk di wajah Anda.

Terlebih bila Anda malas mencuci muka atau membersihkan badan sebelum rebahan di kasur. Sarung bantal dan guling bisa dapat dengan mudah terpapar debu yang menempel di wajah.

Halaman:



Close Ads X