Benda-benda Ini Wajib Dibersihkan Sebelum Lebaran - Kompas.com

Benda-benda Ini Wajib Dibersihkan Sebelum Lebaran

Kompas.com - 20/05/2018, 15:00 WIB
Ilustrasi spons yang dibersihkanNine Ilustrasi spons yang dibersihkan

KOMPAS.com - Lebaran memang masih jauh di pelupuk mata. Tetapi tidak ada salahnya bila Anda bersiap diri untuk menghadapinya. Paling tidak, hal itu bisa dimulai dengan membersihkan peralatan yang ada di rumah.

Beberapa barang yang Anda miliki merupakan hunian yang nyaman bagi tumbuh kembang bakteri. Karena itu, Anda perlu membersihkannya secara berkala.

Berikut beberapa hal yang dirangkum Kompas.com dari Nine, tentang hal-hal yang harus Anda bersihkan setiap waktu:

Sprei

Lebaran memang merupakan ajang berkumpul keluarga. Biasanya, keluarga yang memiliki rumah yang cukup besar dan dituakan, akan menjadi sasaran untuk menghabiskan waktu bersama pada saat itu.

Sudah menjadi mahfum bila menginap juga menjadi tradisi. Karena itu, ada baiknya, bila sprei yang digunakan pada tempat tidur dicuci terlebih dahulu.

Menurut Head of The Allergen and Upper Airways Group di Woolcock Institute of Medical Research, Euan Tovey, mencuci sprei idealnya dilakukan satu hingga dua minggu sekali.

Hal ini juga tergantung pada kebiasaan Anda sebelum tidur. Jika punya kebiasaan malas mencuci kaki atau membersihkan tubuh sebelum tidur, sebaiknya mencuci sprei dilakukan lebih cepat.

"Kami telah melakukan penelitian yang menunjukkan Anda bisa terpapar tungau lebih sering jika berada di tempat tidur berdebu," kata Tovey.

Ilustrasi kasurNine Ilustrasi kasur

Sarung bantal dan guling

Wajah Anda merupakan salah satu pusat dari bagian terkotor di tubuh. Aktivitas seharian mampu membuat debu menumpuk di wajah Anda.

Terlebih bila Anda malas mencuci muka atau membersihkan badan sebelum rebahan di kasur. Sarung bantal dan guling bisa dapat dengan mudah terpapar debu yang menempel di wajah.

Selain itu, residu dari penggunaan produk perawatan kulit dan rambut juga membuat sarung bantal dan guling cepat kotor.

Untuk itu, Anda perlu membersihkan sarung tersebut setiap dua atau tiga hari sekali, agar kulit Anda tetap nyaman dan tidak terkena alergi.

Kasur

Anda bisa sedikit bernapas lega. Karena berbeda dengan sprei dan sarung bantal, kasur bisa Anda bersihkan setiap dua bulan sekali.
Namun, bila dalam dua bulan terakhir belum dibersihkan, sebaiknya segera dilaksanakan sebelum momen lebaran tiba.

GUnakan soda kue untuk membersihkannya. Diamkan selama kurang lebih setengah jam, agar bau yang menempel dapat diserap.

Ilustrasi kulkasNine Ilustrasi kulkas

Kulkas

Inilah perkakas rumah tangga Anda yang bakal paling sering dijamah ketika Lebaran tiba. Entah itu karena anak-anak menyimpan es krim, atau Anda mengolah bahan makanan menjadi masakan lezat.

Tahukah Anda, membersihkan kulkas sebulan sekali bisa meningkatkan ketahanan sayur mayur dari bakteri hingga 750 kali lipat? Jika belum segera bersihkan kulkas Anda sekarang juga.

Jangan menunggu wortel atau tomat yang Anda simpan tumbuh jamur. Hiiii....

Microwave

Gelombang micro diyakini tidak cukup ampuh guna membunuh bakteri. Belum lagi cipratan makan yang timbul selama proses memasak dilakukan di dalamnya.

Dipastikan, microwave Anda bisa menjadi kotor dengan sangat cepat.

Bersihkan microwawe tersebut paling tidak seminggu sekali. Caranya pun sangat mudah.

Gunakan piring tahan panas. Kemudian ambil setengah cangkir air dan setengah cangkir cuka putih.

Setelah itu panaskan hingga bagian dalam microwave mengepul. Akhiri dengan menyeka bagian dalam dengan menggunakan spons bersih.

Spons

Untuk benda yang satu ini, jangan menunggu berhari-hari, atau bahkan berminggu-minggu untuk membersihkannya.

Semakin sering Anda bersihkan, semakin minimal paparan bakteri yang Anda terima pada alat masak atau makan Anda. Artinya, setiap kali digunakan, spons harus dibersihkan.

Ilustrasi saklarNine Ilustrasi saklar

Saklar

Inilah benda yang paling sering digunakan, tetapi paling sering juga diabaikan kebersihannya. Padahal, saklar merupakan salah satu perlengkapan rumah tangga yang paling rentan terinfeksi kuman.

Hal ini tidak lepas dari seringnya anggota keluarga menyentuhnya, hampir setiap waktu.

Bersihkan area sekitar saklar paling tidak seminggu sekali untuk mengurangi bakteri yang tidak diinginkan.

Kamar mandi

Anda mungkin berpikir bila toilet atau tempat sampah adalah tempat paling kotor di rumah. Kenyataannya, justru kamar mandi lah tempat paling kotor dan paling cepat menyebarkan bakteri karena bersentuhan langsung dengan tubuh Anda.

Untuk itu, bersihkan kamar mandi paling tidak seminggu sekali. Sekadar informasi, hasil temuan Simmons College di Boston, AS, menunjukkan, kamar mandi mengandung bakteri 26 persen lebih banyak yang bisa menginfeksi kulit Anda.

Ilustrasi bathupNine Ilustrasi bathup

Karpet

Menurut seorang desainer interior yang memiliki spesialisasi dalam hal rumah bebas alergi, Robin Wilson, kualitas udara di dalam ruangan bisa delapan hingga sepuluh kali lebih buruk dari pada di luar ruangan.

"Jika Anda tidak membersihkan karpet dan tirai Anda dan membiarkan udara masuk secara teratur.

Khusus untuk karpet, ia menyarankan, agar dibersihkan enam sampai 12 bulan sekali. Anda bisa menggunakan jasa pembersih ruangan yang menyediakan fasilitas pembersih uap untuk memastikan 200.000 bakteri per inchi persegi lenyap dari rumah.

Tentunya, Anda tidak ingin kan waktu berkumpul keluarga menjadi ajang untuk sakit bersama? Selamat bersih-bersih...



Close Ads X