Kompas.com - 12/05/2018, 21:00 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Peritel perlengkapan bayi Mothercare tergulung tsunami ritel. Penjualan rontok dan membuat pundi-pundi kempis.

Melansir Retail Gazette, Sabtu (12/5/2018), laporan kinerja terbaru Mothercare menunjukkan jebloknya laba sebelum pajak hingga 95 persen.

Untuk periode 2018 hingga Maret lalu, Mothercare hanya mampu mencetak laba sebesar 1 juta Poundsterling.

Padahal, pada periode sama tahun sebelumnya, Mothercare sukses meraup laba senilai 19,7 juta Poundsterling.

Baca juga: Mothercare Terancam Bangkrut

Kondisi terjun bebasnya laba menambah pelik bisnis Mothercare.

Sebelumnya, Mothercare mengalami krisis manajerial pada bulan lalu. Chief Executive Mark Newton Jones terdepak dari posisinya dan digantikan oleh David Wood.

David kini mesti berpikir keras memulihkan bisnis Mothercare. Jika tidak, kebangkrutan bukan tak mungkin semakin dekat terjadi.

Saat ini, Mothercare tengah menjalani proses company voluntary arrangement (CVA).

Untuk diketahui, CVA lazim digunakan peritel yang terancam karam untuk mengurangi biaya sewa dengan pemilik pusat belanja.

Jika proses CVA disetujui maka Mothercare bakal kehilangan sepertiga jumlah tokonya di Inggris. Saat ini, mereka memiliki sekitar 140 toko di Negeri Big Ben.

Langkah penyelamatan Mothercare turut dibantu oleh KPMG. Dikabarkan pula peritel itu tengah mencari pinjaman dana kepada HSBC dan Barclays.

"Mothercare benar-benar menghadapi rangkaian tantangan saat ini. Namun, masih ada harapan bagi merek ternama itu," ungkap analis Shore Capital, Clive Black.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.