BPJT: Solusi Macet Jalan Tol Ada di Polisi

Kompas.com - 12/05/2018, 16:30 WIB
Gebang tol Brebes Timur atau yang dikenal dengan Brexit, di tahun 2017 ini telah mengalami beberapa perbaikan, untuk menunjang arus mudik. Hingga Kamis, (15/6/2017) kondisinya semakin baik dengan penambahan beberapa loket, bahkan dengan fasilitas GTO. KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAGebang tol Brebes Timur atau yang dikenal dengan Brexit, di tahun 2017 ini telah mengalami beberapa perbaikan, untuk menunjang arus mudik. Hingga Kamis, (15/6/2017) kondisinya semakin baik dengan penambahan beberapa loket, bahkan dengan fasilitas GTO.

PASURUAN, KOMPAS.com - Berbagai masalah bisa muncul di jalan tol. Salah satunya melonjaknya volume kendaraan sehingga menimbulkan kemacetan. Terlebih lagi, menjelang Lebaran.

Karena itu, Badan Pengelola Jalan Tol ( BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan koordinasi dengan kepolisian untuk mengatasi kemacetan itu.

"Soal kemacetan di jalan tol nanti solusinya dari polisi, yaitu Korps Lalu Lintas (korlantas). Misalnya kendaraan mau dikeluarkan di mana, contraflow, atau sistem ganjil genap," ujar Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna saat ditemui Kompas.com, di Pasuruan Interchange, Sabtu (12/5/2018).

Baca juga: Waspadai, Lima Titik Rawan Macet Saat Mudik Lebaran

Dia menambahkan, waktu liburan yang lebih panjang memungkinkan kondisi yang lebih baik karena pemudik tidak menumpuk di satu tempat.

Selain itu, sistem ganjil genap juga bisa diterapkan di sejumlah jalan tol menjelang mudik Lebaran nanti.

"Prinsipnya ganjil genap bisa saja asal disosialisasikan. Mungkin cocok karena waktunya panjang, jadi orang bisa pilih harinya sendiri," ucap Herry.

Menurut dia, yang penting infrastrukturnya disiapkan dulu, dan mengenai masalah kemacetan akan mengikuti komando dari Korlantas.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X