Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Meikarta, Total Tegaskan Hanya Mengerjakan 4 Tower Orange County

Kompas.com - 10/05/2018, 07:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua pekan terakhir, Meikarta kembali menjadi perbincangan publik, terutama di grup-grup pertemanan media sosial.

Megaproyek yang dikembangkan Lippo Group di Cikarang, Jawa Barat, ini mendapat sorotan karena diisukan berhenti pekerjaan konstruksinya seiring ketiadaan aktivitas fisik di lapangan.

Sepinya aktivitas di lapangan ini, ditengarai lantaran kontraktornya menghentikan sementara pekerjaan konstruksi mereka.

Baca juga : Meikarta dan Progres Sejumlah Proyek Properti Lippo Kini

Informasi tersebut dipicu oleh beredarnya "memo internal" yang ditujukan kepada 15 sub-kontraktor untuk menghentikan sementara kegiatan konstruksi per Senin 30 April 2018 sampai waktu yang akan diinformasikan kemudian.

"Memo internal" itu tertanggal 28 April 2018 di atas kertas berkop PT Total Bangun Persada Tbk yang diteken Hendro Kusuma atas nama Manajer Proyek Edwin Rahadijan Widjaja.

Memo internal PT Total Bangun Persada Tbk kepada 15 subkontraktor.handsout Memo internal PT Total Bangun Persada Tbk kepada 15 subkontraktor.
Terhadap informasi ini, PT Total Bangun Persada Tbk telah mengklarifikasinya melalui rilis yang dikeluarkan pada 1 Mei 2018 dan ditandatangani Sekretaris Perusahaan Mahmilan Sugiyo Warsana.

Kepada Kompas.com, Rabu (9/5/2018), Mahmilan kembali menegaskan bahwa PT Total Bangun Persada Tbk melakukan pekerjaan konstruksi yang menjadi porsinya yakni empat menara (tower) C, D, E, dan F pada proyek Orange County

Artinya, PT Total Bangun Persada Tbk tidak mengerjakan menara-menara apartemen Meikarta, kendati keduanya ada pada kawasan pengembangan yang sama di Cikarang, Jawa Barat.

"Ya, kami mengerjakan empat tower Orange County, yakni Tower C, D, E, dan F," ujar Mahmilan, Selasa (8/5/2018).

Menurut Mahmilan, perseroan mendapatkan kepercayaan untuk pekerjaan finishing di Tower EF pada Proyek Orange County.

Pada setiap pekerjaan konstruksi, perseroan senantiasa menjaga kualitas bangunan, keamanan, dan keselamatan di area proyek, termasuk di dalamnya memastikan pekerjaan yang dilaksanakan memenuhi persyaratan agar pembangunan dapat berjalan sesuai dengan mutu, waktu, dan biaya yang telah disepakati dengan pelanggan.

Pekerjaan finishing di Tower EF, Orange County, dimulai sejak 1 November 2017.

Pada kwartal kedua tahun ini, LPCK berencana meluncurkan Newport Park, yaitu apartemen keenam dari Orange County.Dok orangecountycikarang.com Pada kwartal kedua tahun ini, LPCK berencana meluncurkan Newport Park, yaitu apartemen keenam dari Orange County.
Orange County sejatinya merupakan township development  di atas lahan seluas 322 hektar yang mencakup konstruksi seluas 16,5 juta meter persegi, plus area Lippo Central Business District (CBD) seluas 82,3 hektar.

Di Orange County, Lippo akan membangun 32 fasilitas. Di antaranya Sky Park, Lippo Mall, Lippo 61 Plaza, Lippo Hotel, Lippo Tower Office Building, Bioskop Cinemaxx, X-zone, Wellness Center, Grand Chapel, Soho, Japanese Cultural Center, dan Korean Cultural Center.

Proyek jumbo ini diresmikan oleh Menteri Perindustrian Saleh Husein pada Kamis 12 Februari 2015.

Baca juga : Menteri Perindustrian Resmikan Megaproyek Orange County Cikarang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com