Suasana Kantor Tentukan Produktivitas Karyawan

Kompas.com - 04/05/2018, 12:30 WIB
Ilustrasi desain ruangan kantor terbuka ShutterstockIlustrasi desain ruangan kantor terbuka

KOMPAS.com - Suasana kantor tempat Anda bekerja merupakan bagian penting yang memengaruhi kinerja, suasana hati, serta efektivitas dan efisiensi hasil kerja.

Jika kantor Anda sempit, tidak ada hiasan dinding, dudukan kursinya keras, dan hanya diterangi dengan lampu neon putih memanjang, mungkin Anda tidak akan termotivasi untuk bekerja maksimal dibanding bekerja di ruangan besar, terbuka, berjendela besar, dan ada area pribadi.

Menurut Managing Director Dale Office Interiors dan Co-Owner Scaletronic Warren Bricknell, menciptakan kantor dengan ruang kerja yang beda dari biasanya bisa membuat karyawan jadi lebih fleksibel.

"Ada area yang tenang, area kolaborasi, bahkan ada pula area permainan benar-benar dapat membantu karyawan untuk bekerja dengan hasil yang terbaik. Ini merupakan pilihan untuk bekerja sesuai dengan tugas masing-masing karyawan," ujar Bricknell.

Lebih lengkapnya, berikut ini lima cara untuk menciptakan suasana tempat kerja bagi karyawan yang dirancang untuk menambah produktivitas.

1. Ruang untuk bersantai

Menyediakan ruang bagi karyawan untuk sejenak melepaskan diri dari tekanan pekerjaan di kantor sangat penting untuk nantinya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Ruang santai di Kantor Google Indonesia.Fatimah Kartini Bohang/Kompas.com Ruang santai di Kantor Google Indonesia.
Ruang ini bisa memiliki banyak kegunaan, misalnya tempat makan siang dan ruang pertemuan informal.

Ruang bersantai juga bisa digunakan untuk meringankan kelelahan mata dan leher setelah lama bekerja di depan komputer atau melepaskan ketegangan punggung sehabis duduk hanya di satu tempat.

"Saat ini banyak karyawan ingin adanya ruang bersantai di tempat kerjanya. Ruang ini bisa dalam berbagai bentuk dan ukuran, yang penting bisa membuat karyawan merasa lebih nyaman, serta bisa mengekspresikan diri dan berkolaborasi lebih maksimal dengan rekan-rekan kerjanya," kata Bricknell.

2. Ruang privat

Sama seperti kebutuhan ruang untuk bersantai, karyawan juga perlu ruang privat untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X