Kiat Ciptakan Hunian yang Lebih Sehat

Kompas.com - 25/04/2018, 10:01 WIB
Ilustrasi rumah sehat Readers Digest Ilustrasi rumah sehat

KOMPAS.com – Di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu, menghadirkan hunian yang sehat dapat menjadi salah satu pilihan untuk menjaga kondisi tubuh tetap terjaga.

Sebenarnya, ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga hunian tetap sehat. Salah satunya dengan memilih furnitur maupun perlengkapan masak yang sehat.

Berikut beberapa pilihan hal yang dirangkum Kompas.com dari Reader’s Digest, yang bisa Anda hadirkan ke dalam rumah untuk memastikan hunian Anda tetap sehat:

Kasur organik

Pada dasarnya, kasur dapat menjadi salah satu sumber utama paparan bahan kimia bagi tubuh kita. Terutama, bila produsen menggunakan bahan kimia yang sangat beracun dan tahan api seperti polybrominated diphenyl ether atau PBDE.

PBDE dapat menjadi salah satu pemicu kerusakan otak dan reproduksi, masalah tiroid, dan kanker. Karena sebagian besar produsen kasur diperbolehkan menggunakan bahan-bahan tersebut, maka cara paling aman untuk melindungi Anda saat tidur yaitu dengan menggunakan kasur organik

Wajan besi cor

Anda mungkin sering mendapati produk panci atau wajan anti lengket yang dijual di pasar. Namun, menurut Badan Penelitian Kanker Internasional, alat masak anti lengket itu mungkin mengandung bahan kimia tertentu termasuk perfluorooctanoic acid atau PFOA.

Bahan kimia tersebut dapat menjadi karsionogenik bagi tubuh manusia.

Sebagai gantinya, anda bisamenggunakan alat masak yang terbuat dari bahan dasar besi cor. Ini untuk menghindari adanya paparan bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh, lantara meresap pada makanan pada saat memasak.

Penjernih udara

Beberapa titik di dalam rumah Anda seperti lantai, tangga, permukaan meja, mungkin saja terpapar debu dan bakteri yang bisa menimbulkan alergi bagi siapa saja yang tinggal di dalamnya. Menggunakan air purifier atau penjernih udara dapat menjadi salah satu solusi mengatasi persoalan tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X