Ini 8 Kastil Disney Asli yang Bisa Anda Kunjungi! - Kompas.com

Ini 8 Kastil Disney Asli yang Bisa Anda Kunjungi!

Kompas.com - 20/04/2018, 21:00 WIB
Mont Saint-Michel, PerancisDISNEY/HERBY64/GETTY IMAGES Mont Saint-Michel, Perancis

KOMPAS.com - Mulai dari karakter sampai alur cerita, film Disney selalu dapat menyihir penggemarnya. Begitu pula setting cerita yang seringkali melibatkan istana atau kastil.

Meski cerita Disney mungkin hanya dongeng, tetapi ada beberapa kastil paling ikonik yang terinspirasi bangunan dalam kehidupan nyata.

Berikut delapan kastil Disney yang dapat Anda kunjungi di seluruh dunia:

ALCAZAR CASTLE, SPANYOLPEDROSALA/GETTY IMAGES ALCAZAR CASTLE, SPANYOL
1. Snow White: Alcazar Castle, Spanyol

Kastil ratu jahat dalam film animasi pertama Disney disebut-sebut bertolak dari benteng yang mengesankan di Segovia. Benteng ini berbentuk seperti haluan kapal.

Dibangun pada awal abad ke-12, bangunan mencolok tersebut telah difungsikan menjadi istana kerajaan, penjara, perguruan tinggi, akademi militer dan sekarang museum.

2.Tangled: Mont Saint-Michel, Perancis

Berdasarkan kisah Rapunzel, animasi kontemporer ini terjadi di Kerajaan Corona, sebuah dunia ajaib yang terinspirasi oleh kehidupan nyata Mont Saint-Michel di Normandia.

Setelah salah satu tujuan ziarah paling terkenal di Eropa, pulau ini sekarang menjadi tempat wisata untuk biara tua, jalan-jalan kuno dan pemandangan yang dramatis.

Selain itu, Mont Saint-Michel Bay memiliki pasang tertinggi di Eropa, yang mengubah pulau tersebut dua kali sehari.

Chateu Du Chambord, PerancisDISNEY/ARTERRA/GETTY IMAGES Chateu Du Chambord, Perancis
3. Beauty and The Beast: Chateu Du Chambord, Perancis

Para penggemar film Disney klasik dan versi Emma Watson yang baru muncul tersebut dapat mengunjungi inspirasi dalam kehidupan nyata yakni benteng Beast di Loir-et-Cher, Prancis.

Salah satu animator film, Glen Keane, mengunjungi château ini untuk penelitian dan langsung tahu bahwa "tempat yang menyenangkan dan mengesankan dengan semua menara ini" adalah tempat Beast tinggal.

CHILLON CASTLE, SWISSDISNEY/EMICRISTEA/GETTY IMAGES CHILLON CASTLE, SWISS
4. The Little Mermaid: Chillon Castle, Swis

Apakah chateau Geneva ini terlihat familiar? Ya, chateu ini menginspirasi kastil Pangeran Eric dalam film The Little Mermaid.

Wisatawan dapat mengunjungi château sendiri atau dengan pemandu, dan juga mungkin dapat menyewa gedung untuk acara pribadi.

HOTEL DE GLACE, KANADADISNEY/HOTEL DE GLACE HOTEL DE GLACE, KANADA
5. Frozen: Hotel de Glace, Kanada

Istana es Elsa yang berkilauan terinspirasi oleh sebuah hotel di Quebec. Para tamu dapat menginap di sebuah kastil salju dan es yang sebenarnya.

Sutradara film Chris Buck bahkan mengunjungi hotel tersebut lima tahun sebelum film dirilis untuk melakukan penelitian.

Taj Mahal, IndiaDISNEY/SOMCHAISOM/GETTY IMAGES Taj Mahal, India
6. Aladdin: Taj Mahal, India

Marmer putih, taman yang rimbun, menara-menara mewah, sangat menggambarkan bagaimana istana Sultan terilhami oleh tengara paling terkenal di India, Taj Mahal.

Objek wisata Agra dan situs Warisan Dunia UNESCO ini mungkin terlihat seperti sebuah istana, tetapi sebenarnya ini adalah makam yang dibuat oleh Kaisar Shah Jahan pada tahun 1632 untuk istrinya tercinta, Mumtaz Mahal.

Neuschwanstein Casle, JermanDISNEY/BLUEJAYPHOTO/GETTY IMAGES Neuschwanstein Casle, Jerman
7. Cinderella: Neuschwanstein Casle, Jerman

Mungkin kastil Cinderella, Disney, yang paling terkenal dari yang lain adalah rumah Pangeran Tampan. Rumah ini terinspirasi oleh Neuschwanstein Bavaria.

Kastil dongeng ini juga menginspirasi tempat tidur Sleeping Beauty dan atraksi taman hiburan Disney.

Pengunjung dapat melakukan tur kastil dan belajar tentang "Mad King" Ludwig II dari Bavaria, yang membangunnya pada 1892 sebagai retret untuk komposer favoritnya, Richard Wagner.

Dunnottar Castle, SkotlandiaDISNEY/JGSHIELDS/GETTY IMAGES Dunnottar Castle, Skotlandia
8. Brave: Dunnottar Castle, Skotlandia

Tidaklah mengherankan cerita tentang keluarga dengan seorang putri Skotlandia yang memberontak, mengambil inspirasi dari lanskap negara yang sama.

Benteng keluarga DunBroch didasarkan pada Dunnottar, struktur batu megah yang memiliki sejarah dan duduk secara dramatis di tebing dekat laut.



Close Ads X