Dinas PU Kendal Tuding Truk Material Tol Penyebab Jalan Blorok Amblas

Kompas.com - 18/04/2018, 23:01 WIB

KENDAL, KOMPAS.com - Jalan Sidorejo Blorok Brangsong, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, amblas diduga karena dilewati truk pembawa material Jalan Tol Batang-Semarang.

Infrastruktur ini merupakan denyut nadi utama yang menghubungkan beberapa desa serta kecamatan di Kabupaten Kendal. Akibatnya, jalan tidak bisa dilewati kendaraan roda empat.

Warga Desa Penjalin dan sekitar yang bepergian menggunakan kendaraan roda empat, harus memutar melewati Desa Kertomulyo.

Baca juga : Jalan Alternatif Kendal-Semarang Rusak, Truk Galian C Dilarang Lewat

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kendal Sugiono meminta kepada PT Jasamarga Semarang-Batang, untuk segera memperbaiki jalan yang di bawahnya terdapat gorong-gorong irigasi.

Karena amblas, aliran air irigasi terhambat reruntuhan beton jalan dan tidak bisa mengaliri sawah-sawah di sekitarnya.

“Saya sudah mendapat laporan dan langsung rapat dengan PSDA Provinsi Jawa Tengah, karena sungai itu milik PSDA Provinsi,” kata Sugiono kepada Kompas.com, Rabu (18/4/2018).

Sugiono menuturkan, Rabu ini akan mendatangkan alat berat untuk memperbaiki jalan tersebut, sehingga bisa dilewati warga untuk kegiatan mobilitas sehari-hari.

“Nanti kami akali, yang penting bisa dilewati dulu dan air yang dibutuhkan petani bisa kembali mengalir ke sawah-sawah,” sambung Sugiono.

Perangkat Desa Blorok Kabupaten Kendal Kunardi mengatakan Jalan Sidorejo Blorok putus sejak 3 hari lalu.

Dia menduga, penyebabnya adalah truk pembawa material jalan tol. Jalan tersebut, tambah Kunardi, menghubungkan lima desa, yaitu desa Blorok, Sumur, Penjalin, Tunggulsari, dan Kertomulyo.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.