Pembebasan Lahan Tol Balikpapan-Samarinda Tembus 95,39 Persen

Kompas.com - 07/04/2018, 20:20 WIB
Tol Balikpapan-Samarinda Jasa MargaTol Balikpapan-Samarinda

JAKARTA, KOMPAS.com – Proses pembebasan lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan Tol Balikpapan-Samarinda terus dipercepat. Saat ini, dari total lahan yang dibutuhkan, 95,39 persen sudah dibebaskan.

Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) STH Saragi mengatakan, proyek sepanjang 99,35 kilometer itu ditargetkan rampung akhir 2018. Saat ini, progres konstruksi telah mencapai 54,3 persen.

Tol Balikpapan-Samarinda Jasa Marga Tol Balikpapan-Samarinda
Menurut dia, salah satu kendala yang dihadapi JBS dalam pembebasan lahan yaitu keberadaan Taman Hutan Rakyat (Tahura).

Namun, persoalan itu kini sudah diatasi dengan negosiasi serta meyakinkan berbagai pihak bahwa proyek yang digarap sudah memenuhi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dan izin lingkungan.

Tol Balikpapan-Samarinda Jasa Marga Tol Balikpapan-Samarinda
"Setelah hampir satu tahun lamanya, akhirnya Tahura dapat diselesaikan sehingga progres konstruksi dapat segera dilaksanakan di lahan tersebut,” kata Saragi dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/4/2018).

Ia memastikan, kehadiran tol ini akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Jalan tol yang terbagi ke dalam lima seksi ini akan memangkas biaya pengiriman logistik dan distribusi barang lainnya di kedua kota.

Pengguna jalan dapat memangkas jarak tempuh perjalanan hingga 34 kilometer. Di samping itu, waktu tempuh yang semula menghabiskan waktu tiga jam, dapat dipangkas menjadi satu jam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tol Balikpapan-Samarinda Jasa Marga Tol Balikpapan-Samarinda



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X