Kompas.com - 24/03/2018, 19:30 WIB

SAMOSIR, KOMPAS.com – Setelah ditetapkan sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), jumlah turis yang menyambangi kawasan wisata Danau Toba di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, meningkat tajam.

Peningkatan jumlah turis ini berdampak pada pertumbuhan pendapatan asli daerah (PAD) kabupaten tersebut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Samosir Rudi Sabar M Siahaan mengatakan, pada tahun lalu jumlah wisatawan yang berkunjung ke Toba mencapai 300.000 orang.

Padahal, pada tahun-tahun sebelumnya wisatawan yang datang, kurang dari 200.000 orang.

“Di Menara Tele saja, itu sekitar 150.000 orang pada 2017,” kata Rudi saat berbincang dengan sejumlah awak media di terusan Tano Ponggol, Kamis (22/3/2018).

Peningkatan status Bandara Silangit sebagai bandara internasional, menurut dia, turut mendorong peningkatan jumlah turis.

Penerbangan perdana Citilink rute baru Halim-Silangit di Bandara Internasional Silangit, Sumatera Utara, Sabtu (28/10/2017). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Penerbangan perdana Citilink rute baru Halim-Silangit di Bandara Internasional Silangit, Sumatera Utara, Sabtu (28/10/2017).
Hadirnya Bandara Silangit membuat turis tidak perlu lagi turun di Bandara Kualanamu di Medan, untuk bisa dengan cepat sampai ke Danau Toba.

Rudi menyebut, jarak Kualanamu menuju Danau Toba bila ditempuh dengan perjalanan darat dapat menghabiskan waktu 6-7 jam. Sementara, bila melalui Bandara Silangit waktu tempuh yang dibutuhkan hanya 1,5-2 jam dalam kondisi normal.

“Apalagi kalau infrastruktur dari Muara ke Nainggolan di Taput (Tapanuli Utara), bisa kapalnya terkoneksi itu (bisa lebih cepat). Sekarang sedang dibantu Kementerian Perhubungan (untuk pengadaan kapal),” terang Rudi.

Sementara itu, Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan, kontribusi turis yang datang ke wilayahnya hampir mencapai 30 persen bila dibandingkan dengan target yang dipatok pemerintah pusat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.