Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jadi KSPN, Jumlah Wisatawan ke Danau Toba Melonjak 50 Persen

Peningkatan jumlah turis ini berdampak pada pertumbuhan pendapatan asli daerah (PAD) kabupaten tersebut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Samosir Rudi Sabar M Siahaan mengatakan, pada tahun lalu jumlah wisatawan yang berkunjung ke Toba mencapai 300.000 orang.

Padahal, pada tahun-tahun sebelumnya wisatawan yang datang, kurang dari 200.000 orang.

“Di Menara Tele saja, itu sekitar 150.000 orang pada 2017,” kata Rudi saat berbincang dengan sejumlah awak media di terusan Tano Ponggol, Kamis (22/3/2018).

Peningkatan status Bandara Silangit sebagai bandara internasional, menurut dia, turut mendorong peningkatan jumlah turis.

Rudi menyebut, jarak Kualanamu menuju Danau Toba bila ditempuh dengan perjalanan darat dapat menghabiskan waktu 6-7 jam. Sementara, bila melalui Bandara Silangit waktu tempuh yang dibutuhkan hanya 1,5-2 jam dalam kondisi normal.

“Apalagi kalau infrastruktur dari Muara ke Nainggolan di Taput (Tapanuli Utara), bisa kapalnya terkoneksi itu (bisa lebih cepat). Sekarang sedang dibantu Kementerian Perhubungan (untuk pengadaan kapal),” terang Rudi.

Sementara itu, Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan, kontribusi turis yang datang ke wilayahnya hampir mencapai 30 persen bila dibandingkan dengan target yang dipatok pemerintah pusat.

“Kami tidak tahu seberapa besar peningkatan di wilayah kabupaten lain seperti Karo, Toba Samosir, Simalungun dan sebagainya. Yang jelas dari tujuh kabupaten, kami sudah 300.000,” sebut Rapidin.

Peningkatan jumlah turis ini mendorong bisnis hotel di wilayah ini makin menggeliat. Saat ini tersedia sekitar 2.250 kamar hotel, di luar homestay. Hampir setiap akhir pekan tingkat okupansinya mencapai 50 persen.

“Ini memberikan dampak ikutan terhadap PAD kami. Sebelumnya PAD senilai Rp 35 miliar, sekarang Rp 75 miliar. Kalau nanti semua program pemerintah pusat berjalan bagus, kami targetkan hingga Rp 100 miliar,” tutup Rapidin.

https://properti.kompas.com/read/2018/03/24/193000721/jadi-kspn-jumlah-wisatawan-ke-danau-toba-melonjak-50-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke