Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Tol Ngawi-Kertosono Sekitar Rp 104.400

Kompas.com - 21/03/2018, 12:25 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dua sertifikat kelaikan telah dikantongi PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ), selaku operator Tol Ngawi-Kertosono. Sebagian ruas tol tersebut siap untuk dioperasikan dan menunggu diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Panjang ruas yang siap dioperasikan yaitu 52 kilometer dari total 87,02 kilometer. Ruas itu terbentang dari Ngawi sampai Wilangan dan menjadi tanggung jawab PT NKJ untuk konstruksinya.

Baca juga : Ada Jalan Tol, Ngawi-Kertosono Cuma Satu Jam

Adapun ruas sisanya dari Wilangan sampai Kertosono yang menjadi porsi pemerintah, ditargetkan rampung akhir tahun ini.

Lantas, berapa tarif yang akan dikenakan kepada masyarakat bila nantinya tol tersebut beroperasi?

“Tarif masih digodok di Kementerian PUPR. Tapi ancer-ancernya Rp 1.200 per kilometer berdasarkan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT),” kata Direktur Utama PT NKJ Iwan Moedyarno kepada Kompas.com, Selasa (20/3/2018).

Bila diakumulasikan, maka tarifnya mencapai Rp 104.400 ketika seluruh ruas tol itu beroperasi penuh sepanjang 87,02 kilometer. Meski demikian, menurut Iwan, hingga kini belum ada ketetapan tarif secara pasti yang diterbitkan Kementerian PUPR.

Ia menambahkan, besar kecilnya tarif juga dipengaruhi juga faktor investasi yang dibenamkan investor. Di samping, lama waktu konsesi pengusahaan jalan tol serta kemampuan masyarakat dalam membayar tarif.

“Tentunya nanti ada pembulatan juga dari Kementerian PUPR,” tuntas Iwan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com