Setelah Sebulan Banjir, Jalan Pantura Semarang Akhirnya Surut

Kompas.com - 05/03/2018, 14:30 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Banjir di wilayah Terboyo yang berlangsung selama lebih dari sebulan terakhir akhirnya mulai surut. Air bah yang biasanya menggenangi jalanan pantai utara Semarang itu perlahan mulai menghilang.

Pantauan pada Senin (5/3/2017) pagi tadi, hampir tidak ada genangan air di jalan Pantura Semarang. Sejumlah titik genangan yang biasanya ada di titik tertentu kini tidak lagi terlihat.

Akibat banjir itu, jalan Pantura sempat mengalami kerusakan. Jalan bergelombang masih tampak terlihat di depan Kampus Unissula Semarang.

Akses jalur dari Semarang ke arah Surabaya pun berjalan lancar. Begitu pula arah sebaliknya.

Meski telah kering, pemerintah dalam hal ini Kemeterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tetap menyiapkan sejumlah pompanya. PUPR juga memperbaiki jalanan Pantura yang rusak.

"Perbaikan jalan yang rusak tengah dilakukan dengan melakukan pengupasan agregat dan aspal diatas beton sehingga tidak perlu penambalan baru pada lobang yang ada dan dilakukan penambahan concrete-nya," ucap Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah VII, Hery Marzuki, dalam siaran tertulisnya.

Sementara untuk mengatasinya, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Pemali-Juwana melakukan pembersihan saluran-saluran yang tersumbat.

"Kami siagakan 12 pompa untuk mengantisipasi apabila terjadi genangan berikutnya,” timpal Kepala BBWS Pemali Juana Ruhban Razziyatno.

Sejumlah pompa mobile tetap disiagakan mislanya 5 pompa mobil berkapasitas 200 liter per detik. Mobil pompa itu masih ditempatkan di Kali Babon sebanyak 2 unit, Polsek Genuk 1 unit, Masjid Sringin 1 unit, dan Makam Sringin 1 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.