Astra Infra Kaji Pembangunan Jalan Tol Sampai Pelabuhan Merak

Kompas.com - 22/02/2018, 15:28 WIB
Gerbang tol MerakMarga Mandalasakti Gerbang tol Merak

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Infra Toll Road melalui PT Marga Mandalasakti (MMS) mendapat mandat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengkaji pembangunan akses sampai Pelabuhan Merak.

Akses ini dibuat guna menunjang Wilayah Pengembangan Strategis (WPS) Pertumbuhan Terpadu Merak-Bakauheni-Bandar Lampung-Palembang-Tanjung Api-Api (MBBPT).

"Kami ditugaskan membuat kajian seandainya Gerbang Tol Merak sampai Pelabuhan Merak itu dibangun tol sepanjang 5 kilometer," ujar Direktur Teknik dan Operasi Sunarto Sastrowiyoto, di Gedung Astra International, Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Ia mengatakan, akses ini merupakan upaya pemerintah untuk membuka koneksi baik ke pelabuhan maupun kereta.

Saat ini, Astra tengah mempelajari studi kelaikan atau feasibility study (FS) akses tersebut. Selanjutnya, hasil kajian akan diserahkan ke pemerintah.

"Implementasinya siapa yang membangun itu pemerintah yang putuskan," kata Sunarto.

Adapun Astra Infra Toll Road merupakan pengelola Tol Tangerang-Merak (Tamer) dengan panjang 72 kilometer.

Selain Tamer, Astra juga mengelola Kunciran-Serpong 11,2 kilometer, Serpong-Balaraja 30 kilometer, Cikopo-Palimanan 116 kilometer, dan Mojokerto-Kertosono 40,5 kilometer.

Adapun ruas lain yang juga nantinya dikelola Astra adalah Semarang-Solo. Saat ini, Seksi I dan II sudah beroperasi sementara Seksi III, IV, dan V belum beroperasi.

 




Close Ads X