Kompas.com - 19/02/2018, 13:30 WIB
Pagar taman di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, copot dan taman rusak pasca-final Piala Presiden. Foto diambil Senin (19/2/2018). KOMPAS.com/NURSITA SARIPagar taman di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, copot dan taman rusak pasca-final Piala Presiden. Foto diambil Senin (19/2/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat peninjauan ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menemukan sejumlah kerusakan usai pertandingan Persija melawan Bali United Sabtu (17/2/2018).

Kerusakan ini antara lain adalah pada pagar akrilik sepanjang 7 segmen di bagian dalam dan taman di bagian luar SUGBK.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga : Basuki Menangis Lihat Kerusakan Stadion Utama GBK

"Taman 80 persen memang rusak, 4 pohon besar roboh karena mereka, para supporters naik. Itu yang akan kami perbaiki," ujar Basuki saat jumpa pers usai Rapat Koordinasi evaluasi pelaksanaan Asian Games Invitation Tournament, di Gedung Inasgoc, Senayan, Jakarta, Senin (19/2/2018).

Pembatas akrilik yang membatasi kursi-kursi penonton dan area lapangan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, copot pasca-final Piala Presiden. Foto diambil Senin (19/2/2018).KOMPAS.com/NURSITA SARI Pembatas akrilik yang membatasi kursi-kursi penonton dan area lapangan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, copot pasca-final Piala Presiden. Foto diambil Senin (19/2/2018).
Basuki mengatakan, dalam rangka mempersiapkan Asian Games 2018, renovasi kawasan GBK sudah mencapai 100 persen khusus untuk venue.

Baca juga : Pasca Piala Presiden, 80 Persen Taman di Stadio Utama GBK Rusak

Sedangkan yang saat ini tengah diselesaikan adalah pekerjaan lanskap. Targetnya, pekerjaan ini akan rampung pada Mei-Juni mendatang.

"Kami monitor semua. Apalagi saat hujan ekstrim, kami monitor venue atlet atau kawasan GBK," sebut Basuki.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Direktur Utama Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK) Winarto di Kompleks GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2018).KOMPAS.com/NURSITA SARI Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Direktur Utama Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK) Winarto di Kompleks GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2018).
Adapun untuk perbaikan fasilitas pasca pertandingan Piala Presiden, anggaran yang disiapkan sebesar Rp 150 juta. Perbaikan ini akan dilakukan dalam 7-10 hari.

Baca juga : Dibangun dengan Uang Pajak, Stadion GBK Harus Dijaga Saat Laga AFC

Meski demikian, Basuki belum menentukan kapan perbaikan akan dimulai mengingat pada tanggal 28 Februari, masih ada pertandingan Piala AFC yang akan digelar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.