Harga Rumah di Jabodebek-Banten Naik 3,21 Persen

Kompas.com - 16/02/2018, 15:00 WIB
Ilustrasi rumah BrianAJacksonIlustrasi rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memprediksi harga rumah kuartal I tahun 2018 bakal naik 2,98 persen. Meski demikian, angka ini masih lebih rendah dibandingkan medio yang sama tahun 2017.

Menurut BI dalam laporan Survei Harga Properti Residensial, kenaikan harga rumah terjadi pada semua tipe, kecil, menengah, dan besar.

Baca juga : BI Prediksi Harga Rumah Semua Tipe Naik Tahun Ini

"Di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi ( Jabodebek) dan Banten, kenaikan harga rumah rata-rata mencapai 3,21 persen." tulis laporan BI.

Pertumbuhan harga tersebut lebih tinggi ketimbang kenaikan pada awal tahun 2017 yang sebesar 2,00 persen.

Baca juga : Rumah Tanpa DP Seharga Rp 77 Jutaan, Mau?

Rumah tipe kecil diperkirakan mengalami kenaikan harga tertinggi yakni 6,56 persen. Sebelumnya sekitar 3,73 persen.

Sementara rumah tipe menengah, bakal naik harganya sebesar 2,04 persen, dan rumah tipe besar 1,04 persen.

Survei BI dilakukan terhadap pengembang perumahan di 14 kota yaitu Jabodebek, Banten, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Manado, Makassar, Denpasar, Pontianak, Banjarmasin, Bandar Lampung, Palembang, Padang, dan Medan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X