Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Segera Kembangkan Padang sebagai Kota Mandiri

Kompas.com - 15/02/2018, 10:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan mengembangkan kota mandiri baru Padang, Sumatera Barat, dalam waktu dekat. Pembangunan ini dilakukan setelah dimulainya pengembangan kota mandiri di Maja, Banten.

Di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, sebelumnya pemerintah telah menetapkan sepuluh kota yang akan dikembangkan sebagai kota mandiri.

Baca juga : Maja Harus Jadi Kota Mandiri Penyokong Jakarta

Kesepuluhnya yaitu Maja, Padang, Palembang, Pontianak, Banjarbaru, Tanjung Selor, Makassar, Manado, Sorong, dan Jayapura.

"Iya (setelah Maja, akan di Sumatera). Mungkin kita di Padang dulu," kata Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Dadang Rukmana dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Menurut dia, Padang merupakan kota yang cukup mendesak untuk segera dikembangkan. Pasalnya, seperti diketahui Padang memiliki daerah yang rawan bencana.

"Jadi kita perlu menyiapkan area baru di sana," ujar Dadang.

Namun, Dadang masih menutup rapat soal informasi tentang pengembang yang akan diajak bekerja sama dalam mengembangkan Padang sebagai kota mandiri.

"Nanti bisa ditanyakan ke Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) itu," sebut dia.

Seperti diketahui, dalam mengembangkan Maja sebagai kota mandiri, pemerintah dibantu sejumlah pengembang, di antaranya yaitu Ciputra Group dan PT Agung Podomoro Land Tbk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com