Pemerintah Segera Kembangkan Padang sebagai Kota Mandiri

Kompas.com - 15/02/2018, 10:00 WIB
Konstruksi Jalan Tol Padang-Pekanbaru dimulai, Jumat (9/2/2018). Untuk tahap pertama pekerjaan dilakukan untuk Seksi 1 Padang-Sicincin sepanjang 28 kilometer. Kementerian PUPRKonstruksi Jalan Tol Padang-Pekanbaru dimulai, Jumat (9/2/2018). Untuk tahap pertama pekerjaan dilakukan untuk Seksi 1 Padang-Sicincin sepanjang 28 kilometer.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan mengembangkan kota mandiri baru Padang, Sumatera Barat, dalam waktu dekat. Pembangunan ini dilakukan setelah dimulainya pengembangan kota mandiri di Maja, Banten.

Di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, sebelumnya pemerintah telah menetapkan sepuluh kota yang akan dikembangkan sebagai kota mandiri.

Baca juga : Maja Harus Jadi Kota Mandiri Penyokong Jakarta

Kesepuluhnya yaitu Maja, Padang, Palembang, Pontianak, Banjarbaru, Tanjung Selor, Makassar, Manado, Sorong, dan Jayapura.

"Iya (setelah Maja, akan di Sumatera). Mungkin kita di Padang dulu," kata Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Dadang Rukmana dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Menurut dia, Padang merupakan kota yang cukup mendesak untuk segera dikembangkan. Pasalnya, seperti diketahui Padang memiliki daerah yang rawan bencana.

"Jadi kita perlu menyiapkan area baru di sana," ujar Dadang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, Dadang masih menutup rapat soal informasi tentang pengembang yang akan diajak bekerja sama dalam mengembangkan Padang sebagai kota mandiri.

"Nanti bisa ditanyakan ke Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) itu," sebut dia.

Seperti diketahui, dalam mengembangkan Maja sebagai kota mandiri, pemerintah dibantu sejumlah pengembang, di antaranya yaitu Ciputra Group dan PT Agung Podomoro Land Tbk.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X