Kompas.com - 07/02/2018, 14:30 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen bahan bangunan, Global Group melalui anak usahanya PT Bangun Globalindo Perkasa, menilai bisnis di sektor ini terus mengalami pertumbuhan.

Tahun lalu saja, Global Group mampu meningkatkan pertumbuhan sampai 25 persen. CEO Global Group Toni berharap hal serupa juga akan terjadi tahun ini.

"Kenapa sampai saat ini kita tumbuh masih bagus, karena ini barang pengganti sebelumnya," ujar Toni menjawab Kompas.com di kantornya, Selasa (6/2/2018).

Ia mengatakan, barang-barang yang diproduksi Global Group dengan merek dagang GNET, antara lain berupa lantai dan atap saat ini tengah berkembang.

Kalau dulu, baja ringan dan genteng metal masih menjadi alternatif bahan untuk konstruksi bangunan di Jawa karena utamanya masih asbes, seng, dan kayu.

Material tersebut cenderung populer lebih dulu di Sumatera. Saat ini di Jawa, rumah-rumah subsidi bahkan menggunakan material baja ringan dan genteng metal.

"Sekarang mungkin karena efisiensi, gempa, kepraktisan, harga terjangkau, dan bahan yang relatif ringan, sudah mulai bangunan di Jawa juga pakai genteng metal," jelas Toni.

Ia mengaku, bisnis ini bermula dari ritel atau penjualan langsung ke pengguna. Hingga saat ini, pendapatan Global Group juga masih didominasi dari ritel dibandingkan skala proyek.

Meski tidak menyebut angka, Toni memaparkan komposisi antara ritel dan skala proyek adalah 70:30.

Sementara itu, dalam beberapa tahun terakhir, Global Group berupaya untuk memperkuat internalnya, termasuk mempersiapkan sumber daya manusia.

"Kami juga akan ekspansi pabrik di Surabaya dan membuka 7 cabang lagi terutama di Indonesia Timur," jelas Toni.

Saat ini, pabrik Global Group terdapat di Pekanbaru, Surabaya, Batam, Jakarta, dan Pontianak.

Adapun untuk mendistribusikan produk, Global Group melalui PT Global Indonesia Asia Sejahtera (GIAS) telah membuka cabang di 24 kota.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.