Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naiki Truk, Jokowi Isyaratkan Tol Lampung Jalur Logistik Nasional

Kompas.com - 21/01/2018, 20:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 14,5 kilometer dari total 140,9 kilometer Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar pada Minggu (21/1/2018). 

Peresmian tol yang merupakan bagian dari Trans-Sumatera ini dilakukan di Gerbang Tol Bakauheni Selatan.

Usai peresmian, Presiden pun menjajal Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan menaiki truk sebagai simbol bahwa tol tersebut merupakan jalur logistik nasional yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera.

Dengan mengenakan helm putih, Jokowi duduk disamping pengemudi truk yang siap membawanya meninjau jalan tol yang diestimasikan menelan investasi Rp 16,8 triliun ini.

Sebagai simbol infrastruktur logistik Nasional, Presiden Jokowi menaiki truk untuk meninjau Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang diresmikan pada Minggu (21/1/2018).Biro Setpres Sebagai simbol infrastruktur logistik Nasional, Presiden Jokowi menaiki truk untuk meninjau Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang diresmikan pada Minggu (21/1/2018).
Jokowi mengatakan, pembangunan infrastruktur sangat fundamental atau mendasar bagi Indonesia agar bisa bersaing dengan negara-negara lain.

Ketersediaan infrastruktur di Indonesia, lanjut dia, masih kecil dibandingkan yang dimiliki negara-negara tetangga baik jalan, pelabuhan, airport dan pembangkit listrik sehingga menjadi fokus pembangunan nasional.

"Kenapa ini segera kita resmikan. Saya ingin mendorong agar (jalan tol) dari Bakauheni sampai Palembang bisa diselesaikan sebelum Asian Games itu berjalan. Memang masih panjang sekali, saya tahu masih ada masalah kecil-kecil, pembebasan lahan yang harus diselesaikan," tutur Jokowi.

Tol Bakauheni-Terbanggi Besar menelan investasi Rp 16,8 triliun.Biro Setpres Tol Bakauheni-Terbanggi Besar menelan investasi Rp 16,8 triliun.
Jalan yang diresmikan mencakup Bakaheuni-Terbanggi Besar Paket 1 Bakauheni-Sidomulyo, yaitu Segmen Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun (SS) Bakauheni sepanjang 8,9 kilometer serta Paket 2 Sidomulyo-Kotabaru, yakni Segmen SS Lematang-SS Kotabaru sepanjang 5,6 kilometer.

Untuk diketahui, pembangunan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar terbagi dalam 4 paket yakni Paket 1 dari Bakauheni ke Sidomulyo sepanjang 39,40 kilometer, dengan kontraktor PT PP (Persero) Tbk.

Paket 2 dari Sidomulyo ke Kotabaru sepanjang 40,6 kilometer dengan kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Paket 3 dari Kotabaru ke Metro sepanjang 29 kilometer dikerjakan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan paket 4 dari Metro ke Terbanggi Besar sepanjang 31,93 kilometer, dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com