Kompas.com - 10/01/2018, 17:45 WIB
Ilustrasi furnitur. www.shutterstock.comIlustrasi furnitur.
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Sepuluh perusahaan furnitur Indonesia akan mengikuti ajang pameran IMM 2018 yang diselenggarakan Koelnmesse Gmbh di Cologne, Jerman.

Menurut Sekretaris Jenderal Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Abdul Sobur, IMM Cologne merupakan salah satu ajang yang ditunggu pelaku industri mebel dan kerajinan Tanah Air.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya, sebagian besar pasar sektor industri ini berada di kawasan Eropa.

"Sekitar 60 persen (ekspor mebel dan kerajinan) ke Eropa. Baru setelah itu disusul Amerika Serikat, Timur Tengah," kata Abdul di Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Diperkirakan, tak kurang dari 200.000 pengunjung dari berbagai negara akan mengunjungi pameran yang dihelat pada 15 hingga 21 Januari mendatang.

Dalam ajang ini, Paviliun Furnitur Indonesia akan menempati Hall 5.2 dengan area seluas 378 meter persegi.

Secara keseluruhan, terdapat 1.361 eksibitor dari 51 negara yang akan mengikuti ajang ini.

Abdul menambahkan, sepuluh perusahaan yang mengikuti ajang ini merupakan perusahaan yang bergerak di industri kayu mebel, rotan dan bambu yang mempunyai kemampuan menghasilkan produk yang baik dengan desain baru dan berdaya saing tinggi.

"Karena buyer Eropa itu mencari produk yang tidak dibuat negara lain, ada kekhasan di situ," kata Abdul.

Devisa yang ditargetkan dalam ajang ini bisa tembus hingga 200 juta dollar AS. Baik itu yang berasal dari transaksi di tempat, maupun tindak lanjut dari pesanan-pesanan setahun untuk pasaran Eropa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.