Kompas.com - 01/01/2018, 19:41 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KompasProperti - Dewan Bangunan Tinggi dan Habitat Perkotaan atau The Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) telah merilis laporan tahunan soal gedung pencakar langit dengan menganalisis penyelesaian dan perkembangan menara tertinggi di dunia.

CTBUH, badan internasional di bidang bangunan tinggi dan desain perkotaan yang berkelanjutan, merupakan sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Illinois Institute of Technology di kota Chicago, Illinois, Amerika Serikat.

Salah satu laporannya bertajuk "Tall Buildings in Numbers data analysis series" atau seri angka analisis data bangunan tinggi.

"Bangunan setinggi 200 meter atau lebih, selesai lebih banyak pada 2017 daripada tahun-tahun lainnya, dengan total 144 penyelesaian, menandai tahun pemecahan rekor keempat berturut-turut," tulis laporan tersebut.

Analisis CTBUH juga menunjukkan, 2017 juga merupakan tahun yang paling beragam secara geografis dalam hal jumlah kota dan negara yang menyelesaikan bangunan setinggi 200 meter.

Bangunan-bangunan tinggi ini terdapat di 69 kota dari 23 negara terwakili dalam data tersebut.

Angka ini naik dari 54 kota di 18 negara pada 2016. Di antara kota-kota tersebut, 28 di antaranya dan 8 negara menyelesaikan gedung tertinggi mereka.

"Data dari 2017 menunjukkan kelanjutan dari tren menuju pembangunan global yang lebih besar dari konstruksi gedung pencakar langit," kata Direktur Eksekutif CTBUH Antony Wood.

Lotte World Centerskyscrapercenter Lotte World Center
Diversitas secara geografis

Ia menambahkan, pembangunan bertingkat tinggi tidak lagi terbatas pada beberapa pusat keuangan dan bisnis tertentu.

Halaman:
Sumber CTBUH


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.