Kompas.com - 24/12/2017, 22:54 WIB
Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis (baju putih kaca mata hitam) sedang meninjau kapal tol laut di Pelabuhan Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (21/12/2017). KOMPAS.com/Sigiranus Marutho BereKetua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis (baju putih kaca mata hitam) sedang meninjau kapal tol laut di Pelabuhan Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (21/12/2017).

KUPANG, KompasProperti - Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis menilai sejumlah pembangunan infrastruktur belum memuaskan.

Misalnya saja, untuk pembangunan Terminal Tipe A di wilayah Indonesia hingga tahun ini baru dibangun satu terminal Tipe A. Padahal targetnya ada sebanyak 41 lokasi yang akan dibangun.

"Ini sangat jauh sekali dari target. Kita berharap tahun depan sudah bisa segera dibangun Terminal Tipe A," kata Fary kepada KompasProperti, Minggu (24/12/2017) malam.

Hal yang sama juga, lanjut Fary, pada program pengelolaan dan penyelenggaraan transportasi perkeretaapian, dengan capaian terendah, untuk pembangunan jalan kereta api sepanjang 388,3 km’sp dari target 3.258 km’sp.

Sedangkan untuk peningkatan rehab jalur kereta api direncanakan 1.225 kilometer, tetapi baru dibangun 417 kilometer.

Adapun pembangunan bandara, targetnya 15 lokasi, namun baru dibangun di 7 lokasi.

Sementara itu, program pengelolaan dan penyelenggaraan transportasi laut, dengan total capaian untuk pembangunan pelabuhan laut sebesar 85 lokasi dari target 100 lokasi dan pembangunan kapal perintis sebesar 38 unit dari target sebesar 103 unit.

"Selama tiga tahun ini, beberapa kita harus apresiasi, tapi tidak banyak juga yang capai target, karena alasannya itu (proyek) multiyears. Mudah-mudahan bisa segera selesai pada tahun 2018 mendatang," ucap Fary.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.