Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urai Kemacetan, "Contraflow" di Tol Jakarta-Cikampek Diperpanjang

Kompas.com - 24/12/2017, 14:31 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Kepadatan arus kendaraan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah ke Cikampek, terpantau mulai terjadi setelah Gerbang Tol Cikarang Utama.

Guna mengurai kepadatan arus, PT Jasa Marga (Persero) Tbk melakukan rekayasa arus lalu lintas dengan contraflow.

Dari informasi yang diterima KompasProperti, awalnya contraflow hanya diberlakukan sejak KM 35 hingga KM 41. Namun, sejak pukul 12.30 contraflow diperpanjang mulai dari GT Cikarang Utama.

"Contraflow mulai dari KM 29 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek hingga KM 41," kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis, Minggu (24/12/2017).

Tingginya kepadatan arus kendaraan terjadi lantaran pada saat ini tengah memasuki musim libur Natal dan Tahun Baru 2018. Jasa Marga mencatat, hingga H-2 Natal 234.000 unit kendaraan telah meninggalkan Jakarta.

Jumlah ini naik 4 persen bila dibandingkan volume lalu lintas normal yang hanya sekitar 225.000 kendaraan. Pemantauan yang dilakukan Jasa Marga terhitung sejak Kamis (21/12/2017).

Sementara itu, pada H-1 Natal, Jasa Marga kembali memprediksi terjadinya peningkatan arus lalu lintas kendaraan.

"Sekitar 78.000 kendaraan diprediksi akan melintas (hari ini) atau meningkat 30 persen dari volume lalu lintas normal sebesar 60.000 kendaraan," kata Heru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com