Urai Kemacetan, "Contraflow" di Tol Jakarta-Cikampek Diperpanjang

Kompas.com - 24/12/2017, 14:31 WIB
Gerbang Tol Cikarang Utama menjelang puncak arus balik, Jumat (30/6/2017). KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFARGerbang Tol Cikarang Utama menjelang puncak arus balik, Jumat (30/6/2017).
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Kepadatan arus kendaraan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah ke Cikampek, terpantau mulai terjadi setelah Gerbang Tol Cikarang Utama.

Guna mengurai kepadatan arus, PT Jasa Marga (Persero) Tbk melakukan rekayasa arus lalu lintas dengan contraflow.

Dari informasi yang diterima KompasProperti, awalnya contraflow hanya diberlakukan sejak KM 35 hingga KM 41. Namun, sejak pukul 12.30 contraflow diperpanjang mulai dari GT Cikarang Utama.

" Contraflow mulai dari KM 29 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek hingga KM 41," kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis, Minggu (24/12/2017).

Tingginya kepadatan arus kendaraan terjadi lantaran pada saat ini tengah memasuki musim libur Natal dan Tahun Baru 2018. Jasa Marga mencatat, hingga H-2 Natal 234.000 unit kendaraan telah meninggalkan Jakarta.

Jumlah ini naik 4 persen bila dibandingkan volume lalu lintas normal yang hanya sekitar 225.000 kendaraan. Pemantauan yang dilakukan Jasa Marga terhitung sejak Kamis (21/12/2017).

Sementara itu, pada H-1 Natal, Jasa Marga kembali memprediksi terjadinya peningkatan arus lalu lintas kendaraan.

"Sekitar 78.000 kendaraan diprediksi akan melintas (hari ini) atau meningkat 30 persen dari volume lalu lintas normal sebesar 60.000 kendaraan," kata Heru.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X