Kompas.com - 03/12/2017, 17:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

DEMAK, KompasProperti - Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, mendesak pemerintah pusat, agar segera turun tangan mengatasi banjir rob di wilayah mereka.

Para kades berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendengar keluhan mereka dan segera membangun tanggul laut untuk mengantisipasi banjir rob.

Banjir rob mengancam warga setiap saat. Bukan hanya merendam rumah, rob juga menenggelamkan tambak, merusak infrastruktur jalan, dan sarana publik lainnya.

Sebanyak 12 desa di wilayah Kecamatan Sayung terkena dampak rob yang diakibatkan naiknya gelombang pasang air laut tersebut.

Desa-desa tersebut yakni, Sriwulan,Bedono, Timbulsloko,Surodadi, Tugu,Sidorejo, Banjarsari, Purwosari, Sidogemah, Gemulak, Sayung, dan Loireng.

Spanduk bernada protes agar dibangun tanggul laut,  terpasang di gerbang masuk Demak, Minggu (5/12/2017) KOMPAS.com/ARI WIDODO Spanduk bernada protes agar dibangun tanggul laut, terpasang di gerbang masuk Demak, Minggu (5/12/2017)
Sebagai bentuk protes, warga memasang spanduk di sejumlah titik di jalur pantura dan di gerbang masuk Demak yang berbatasan dengan Kota Semarang.

Ketua Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Sayung Zamroni mengatakan, tidak ada tindakan ataupun program yang mampu menghentikan bencana yang tidak dianggap bencana ini, kecuali sebuah bangunan yang kedap air yaitu tanggul rob (tanggul laut).

"Pemerintah jangan tutup mata dan pura-pura tidur. Rob ini bencana nasional. Atas nama rakyat Sayung, kami minta Pak Jokowi segera bangun tanggul laut. Tanggul itu harga mati, " kata Zamroni, Minggu (3/12/2017). 

Menurutnya, tanggul harus segera direalisasikan, karena rob yang terjadi selama sepuluh tahun terakhir ini, telah menelan banyak korban harta benda, fasilitas umum, dan dampak sosial.

Dan bukan tidak mungkin, jalur pantura juga akan ikut tenggelam akibat rob, seperti yang terjadi pada Jumat (1/12/2017) lalu, saat Jalan Nasional tersebut terendam banjir rob setinggi 50 cm.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.