Warga dan Polisi Perbaiki Jalan yang Sudah Belasan Tahun Rusak

Kompas.com - 02/12/2017, 20:51 WIB
Jalan rusak di Jalan Inaboi, Kupang, Nusa Tenggara Timur Sigiranus Marutho BereJalan rusak di Jalan Inaboi, Kupang, Nusa Tenggara Timur
|
EditorHilda B Alexander

KUPANG, KompasProperti - Kondisi ruas jalan tepatnya di jalan Inaboi, Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), sudah belasan tahun bergelombang dan rusak berat.

Akibatnya, para pengendara kendaraan bermotor, baik roda dua maupun empat, kesulitan ketika melintasi jalan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu membuat seorang warga Kota Kupang Haji Rahman dan Kapolres Kupang Kota AKBP Anthon Christian Nugroho berinisiatif memperbaiki jalan itu.

Haji Rahman yang memiliki satu unit alat berat, bersama Kapolres dan beberapa orang personel polisi lalu lintas Kupang Kota turun ke lokasi jalan rusak, dan  memperbaikinya.

Jalan rusak di Jalan Inaboi, Kupang, Nusa Tenggara Timur Sigiranus Marutho Bere Jalan rusak di Jalan Inaboi, Kupang, Nusa Tenggara Timur
Tak lebih dari satu jam, jalan rusak sekitar 20 sampai 25 meter itu akhirnya diperbaiki. Bukan hanya itu, jalan rusak persis di tanjakan yang berada di seberang jalan pun ikut diperbaiki.

Kapolres Kupang Kota AKBP Anthon Christian Nugroho mengatakan, tujuan memperbaiki jalan Inaboi itu untuk keselamatan para pengguna jalan.

Anthon mengaku, awalnya ia dan Haji Rahman berdiskusi ringan tentang Kota Kupang, hingga akhirnya keduanya memutuskan untuk memperbaiki jalan itu.

Jalan rusak di Jalan Inaboi, Kupang, Nusa Tenggara Timur Sigiranus Marutho Bere Jalan rusak di Jalan Inaboi, Kupang, Nusa Tenggara Timur
"Tujuan kami yang pertama untuk keselamatan pengguna jalan. Polisi juga ketika melewati jalan itu merasa tidak nyaman. Kalau tidak hati-hati, korban akan berjatuhan," kata Anthon yang didampingi Haji Rahman kepada KompasProperti, Sabtu (2/12/2017).

Terkait dengan itu, Anthon mengaku sudah melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan khususnya perawatan jalan.

"Apa yang bisa kami cepat akan kamilang lakukan. Ada masyarakat Kota Kupang yang peduli keselamatan dan memiliki alat berat langsung berinisiatif memperbaiki jalan ini. Kami berterima kasih dan memberikan apresiasi tinggi untuk pak Haji Rahman," tutur Anthon.

Jalan rusak di Jalan Inaboi, Kupang, Nusa Tenggara Timur Sigiranus Marutho Bere Jalan rusak di Jalan Inaboi, Kupang, Nusa Tenggara Timur
Sebenarnya kata Anthon, banyak warga yang ingin berbuat baik, namun pada kesempatan pertama pak Rahman yang memulai ini.

Anthon mengatakan, korban dari jalan rusak ini sebenarnya sudah banyak, namun mereka tidak melapor. 




Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.