Ini Lima Pemenang "Onduline Green Roof Award 2017"

Kompas.com - 23/11/2017, 11:45 WIB
Pemenang pertama OGRA, Niko Aditama asal Jakarta dengan judul karya Serupa-Bebatu (Belitung Overwater Bungalow). OndulinePemenang pertama OGRA, Niko Aditama asal Jakarta dengan judul karya Serupa-Bebatu (Belitung Overwater Bungalow).
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Produsen atap Onduline dan Onduvilla, PT Onduline Indonesia, mengadakan kompetisi Onduline Green Roof Award (OGRA) 2017 sebagai apresiasi untuk kemajuan arsitek.

Sayembara ini ditujukan untuk perorangan profesional di bidang arsitek, interior desainer, pengembang, konsultan perencana dan kontraktor pelaksana yang telah berprofesi minimal satu tahun.

Bekerja sama dengan Green Building Council Indonesia (GBCI), sayembara ini mensyaratkan para peserta untuk merancang desain bangunan atau arsitektur.

Lomba ini dibuka tanggal 1 April-30 Oktober 2017 dan mengangkat tema "Desain Atap Pondok Wisata Tepi Pantai" dengan tagline "Atap Pilihan Arsitek".

Pemilihan tema tersebut bertujuan untuk mendukung bangunan di sekitar pesisir pantai di 8 tempat destinasi wisata yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, yaitu Kepulauan Seribu, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Wakatobi, Mandalika, Labuan bajo, Morotai, dan Bunaken.

Dari 8 tempat wisata itu, peserta dibebakan memilih lokasi mana yang akan menjadi acuan pondok wisata yang dirancangnya.

Country Director PT Onduline Indonesia Tatok Prijobodo mengatakan, tujuan kompetisi ini untuk mencari ide-ide kreatif, inovatif dan suistainable terkait rancang bangun atap hunian.

"Salah memilih material atap bisa fatal karena dampaknya kemana-mana, salah satunya bocor saat hujan, panas saat kemarau dan lainnya," ujar Tatok melalui keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Rabu (22/11/2017).

Rancangan bangunan harus memenuhi beberapa kriteria, antara lain memiliki energi alternatif yang berasal dari energi terbarukan seperti sel surya atau mini-hydro (alternative energy) dan desain atap yang nyaman dan sehat bagi penghuni rumah (healthy homes).

Selain itu, rancangan bangunan juga harus memperhatikan pemilihan material atap yang mampu mengurangi efek panas di dalam ruangan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X