Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serunya Menginap di Hotel Kapsul Mojokerto

Kompas.com - 11/11/2017, 22:30 WIB
Dani Prabowo

Penulis

MOJOKERTO, KompasProperti - Hotel kapsul mungkin merupakan hal yang baru di Indonesia. Sebab, asal mula hotel ini memang dari Jepang.

KompasProperti sempat mencoba serunya menginap di hotel kapsul yang berada di Trawas, Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (9/11/2017) malam.

Pengelolaan hotel ini berada di bawah Intiwhiz International, anak usaha pengembang properti PT Intiland Development Tbk.

Setidaknya, ada 100 unit ruangan kapsul yang diimpor langsung dari China. Meski berasal dari negeri tirai bambu, namun desain hotel tersebut mengadopsi desain asli hotel kapsul yang ada di Jepang.

Dari 100 unit ruangan yang ada, terbagi masing-masing 50 unit yaitu untuk perempuan dan laki-laki. Pengelola hotel memang sengaja memisahkan hunian bagi laki-laki dan perempuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pasalnya, target pengunjung hotel kapsul ini adalah untuk kalangan pebisnis, mahasiswa atau pekerja kantoran yang melaksanakan training di sekitar lokasi.

Whiz Capsule Hotel di Trawas, Mojokerto.Kompas.com / Dani Prabowo Whiz Capsule Hotel di Trawas, Mojokerto.

Sebelum masuk ke dalam ruangan, setiap pengunjung akan diberikan kartu akses oleh petugas yang berfungsi sebagai alat pembuka kunci loker, unit kapsul, serta menghidupkan listrik di masing-masing unit.

Pengunjung dilarang menggunakan sepatu saat masuk ke dalam area kapsul. Sebagai gantinya, pengelola hotel telah menyediakan sandal kain serta handuk yang dapat digunakan. Keduanya tersimpan di dalam loker yang berada di luar area kapsul.

Loker yang digunakan untuk menyimpan tas, sandal, sepatu serta handuk bagi setiap pengunjung.Kompas.com / Dani Prabowo Loker yang digunakan untuk menyimpan tas, sandal, sepatu serta handuk bagi setiap pengunjung.

Dilihat dari desainnya, hotel kapsul ini cukup futuristik. Setiap unit hanya bisa menampung seorang pengunjung, lantaran ukurannya yang terbatas yakni 1,4 m x 2 m x 1,2 meter.

Ukuran yang digunakan diklaim telah memenuhi standar kenyamanan wisatawan asing yang notabene memiliki tubuh relatif tinggi.

Kendati hanya mampu menampung satu pengunjung, namun fasilitas yang disematkan di dalam setiap unitnnya cukup lengkap, mulai dari AC sentral, alarm, cermin, dan televisi.

Tak lupa juga terdapat sambungan WiFi yang cukup kencang serta sebuah meja kecil yang dapat digunakan sebagai alas saat surfing dunia maya.

Interior dan fasilitas yang terdapat di dalam unit Whiz Capsule Hotel di Trawas, Mojokerto.Kompas.com / Dani Prabowo Interior dan fasilitas yang terdapat di dalam unit Whiz Capsule Hotel di Trawas, Mojokerto.

Selain itu, tingkat pencahayaan untuk masing-masing unit dapat diatur sedemikian rupa, sehingga mengurangi efek silau yang ditimbulkan.

Adapun untuk fasilitas kamar mandi letaknya berada di luar area kapsul atau bersebelahan dengan ruangan loker.

Layaknya menginap di sebuah kapal perang, kamar mandi dibuat bersekat dan terpisah dengan toilet. Untuk setiap kamar mandi, terdapat lima shower yang dipisahkan dengan bilik kaca.

Fasilitas kamar mandi.Kompas.com / Dani Prabowo Fasilitas kamar mandi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com