Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang Pantai Mutiara Ini Berencana Bangun 40 Hotel Baru

Kompas.com - 11/11/2017, 20:30 WIB
Dani Prabowo

Penulis

MALANG, KompasProperti - PT Intiland Development Tbk yang dikenal sebagai pengembang reklamasi Pantai Mutiara, Jakarta Utara, berencana membuka 40 hotel baru dalam kurun beberapa tahun ke depan.

Pengembangan hotel baru akan digarap anak usahanya, PT Intiwhiz International, yang saat ini telah memiliki 21 hotel mulai dari bintang dua sampai empat.

"Sebagian sedang dalam proses perizinan," kata Presiden Direktur Intiwhiz Hospitality Management Moedjianto S Tjahjono usai peresmian Whiz Prime Hotel Basuki Rahmat Malang, Sabtu (11/11/2017).

Dari 21 hotel dengan merek Whiz yang telah beroperasi, enam dial antaranya merupakan hotel bintang dua, sepuluh hotel bintang tiga, empat hotel bintang empat. Sementara satu sisanya menggunakan brand lain yakni Swift In.

Pada akhir tahun ini, dua hotel baru akan kembali dibuka yakni di Padang dan Bromo. Untuk di Bromo, hotel yang dikembangkan lebih khusus yakni kapsul hotel.

"Tahun depan ada empat hotel baru, di Bekasi, Karawang, Bandung dan Manado," kata dia.

Dalam setiap pengembangan, Moedjianto menambahkan, investasi yang dibutuhkan untuk hotel bintang dua yakni berkisar antara Rp 38 miliar sampai Rp 40 miliar.

Sementara untuk hotel bintang tiga berkisar Rp 45 miliar dan Rp 65 miliar sampai Rp 70 miliar untuk hotel bintang empat.

Kendati kondisi perekonomian tidak cukup baik, ia mengatakan, tingkat hunian hotel secara keseluruhan masih cukup baik yakni di kisaran 75 persen. Bahkan, tingkat okupansi hotel di Yogyakarta diklaim mencapai 89 persen.

"Memang ada yang kurang baik seperti di Balikpapan hanya 65 persen. Tapi itu karena bisnis tambang di sana sempat turun. Sejak pertengahan tahun sudah pick up lagi," tuntas Moedjianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com