Kompas.com - 28/10/2017, 22:30 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KompasProperti – Peritel asal Inggirs, Debenhams, dipastikan hengkang dari Indonesia akhir tahun 2017 ini. Hal berbeda justru terjadi di Australia.

Debenhams resmi memulai debutnya di negeri kanguru dengan membuka gerai pertama di jantung kota Melbourne.

Berada di pusat perbelanjaan St Collins Lane di Collins Street, toko tersebut merupakan cabang pertama yang dioperasikan mitra waralaba Debenhams yaitu Pepkor.

Gerai Debenhams di Australia dirancang tak terlalu besar, sekitar 3.600 meter persegi, serta memiliki dua lantai.

Formatnya juga diklaim berbeda dengan department store tradisional lainnya di Australia, yang mana merek seperti David Jones dan Myer menguasai duopoli di sektor ini.

Debenhams Melbourne menyajikan busana hasil kolaborasi desainer Inggris seperti Jasper Conran, Julien Macdonald, Savannah Miller, Matthew Williamson, dan Jenny Packham.

"Lebih dari 20 juta pembeli mengunjungi gerai kami di Inggris dan Republik Irlandia setiap tahunnya. Sebagaian besar di antaranya adalah konsumen asal Australia,” ungkap Direktur Pelaksana Internasional Debenhams David Smith, sebagaimana dilansir Retail Gazette, Sabtu (28/10/2017).

Menurut David, pasar Australia amat prospektif untuk bisnis Debenhams ke depannya.

"Pembeli di Australia menghabiskan sedikitnya 2,97 miliar Poundsterling untuk fesyen dan 4,67 miliar Poundsterling untuk produk kecantikan setiap tahun. Angka tersebut menambah optimisme kami untuk membuka toko di Australia,” bebernya.

Untuk diketahui, perjalanan Debenhams di Indonesia resmi berakhir setelah PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) mengumumkan penghentian penuh operasional ketiga gerainya pada akhir 2017.

Baca juga: Banyak Toko Tutup, Pemerintah Diminta Adil terhadap Ritel "Online"

Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari restrukturisasi usaha perseroan menyusul tinjauan strategis pada Juni lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.