Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senjakala di Indonesia, Debenhams Hijrah ke Australia

Kompas.com - 28/10/2017, 22:30 WIB
Haris Prahara

Penulis

KompasProperti – Peritel asal Inggirs, Debenhams, dipastikan hengkang dari Indonesia akhir tahun 2017 ini. Hal berbeda justru terjadi di Australia.

Debenhams resmi memulai debutnya di negeri kanguru dengan membuka gerai pertama di jantung kota Melbourne.

Berada di pusat perbelanjaan St Collins Lane di Collins Street, toko tersebut merupakan cabang pertama yang dioperasikan mitra waralaba Debenhams yaitu Pepkor.

Gerai Debenhams di Australia dirancang tak terlalu besar, sekitar 3.600 meter persegi, serta memiliki dua lantai.

Formatnya juga diklaim berbeda dengan department store tradisional lainnya di Australia, yang mana merek seperti David Jones dan Myer menguasai duopoli di sektor ini.

Debenhams Melbourne menyajikan busana hasil kolaborasi desainer Inggris seperti Jasper Conran, Julien Macdonald, Savannah Miller, Matthew Williamson, dan Jenny Packham.

"Lebih dari 20 juta pembeli mengunjungi gerai kami di Inggris dan Republik Irlandia setiap tahunnya. Sebagaian besar di antaranya adalah konsumen asal Australia,” ungkap Direktur Pelaksana Internasional Debenhams David Smith, sebagaimana dilansir Retail Gazette, Sabtu (28/10/2017).

Menurut David, pasar Australia amat prospektif untuk bisnis Debenhams ke depannya.

"Pembeli di Australia menghabiskan sedikitnya 2,97 miliar Poundsterling untuk fesyen dan 4,67 miliar Poundsterling untuk produk kecantikan setiap tahun. Angka tersebut menambah optimisme kami untuk membuka toko di Australia,” bebernya.

Untuk diketahui, perjalanan Debenhams di Indonesia resmi berakhir setelah PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) mengumumkan penghentian penuh operasional ketiga gerainya pada akhir 2017.

Baca juga: Banyak Toko Tutup, Pemerintah Diminta Adil terhadap Ritel "Online"

Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari restrukturisasi usaha perseroan menyusul tinjauan strategis pada Juni lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com