Kompas.com - 09/10/2017, 22:36 WIB
Wakil Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung meninjau persiapan beroperasinya jalan tol Medan-Binjai, Jumat (8/9/2017) KOMPAS.com / Mei LeandhaWakil Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung meninjau persiapan beroperasinya jalan tol Medan-Binjai, Jumat (8/9/2017)
|
EditorHilda B Alexander

MEDAN, KompasProperti - Sebelum diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Tol Medan-Binjai ditinjau langsung oleh Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi bersama Pimpinan Proyek dari PT Hutama Karya Hestu Budi.

Mereka melakukan peninjauan proyek dari gerbang tol (GT) Helvetia-Binjai sepanjang 10,6 kilometer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasilnya, jalan tol siap dioperasikan. Tinggal pembangunan Ruas Tanjungmulia sepanjang 3,3 kilometer masih menunggu proses pembebasan lahan yang ditargetkan selesai Desember 2017.

"Kami meninjau jalan tol yang akan diresmikan Presiden. Jalan ini sudah selesai, mulai dari Helvetia sampai Binjai," kata Erry, kepada KompasProperti, Senin (9/10/2017).

Tol Medan-Binjai, lanjut Erry, menjadi jalur alternatif yang akan mempersingkat jarak dan waktu tempuh masyarakat. Sebelumnya, jalur normal Medan-Binjai ditempuh selama satu hingga dua jam.

Meski, saat ini masih ada kendala di seksi Tanjungmulia di Jalan Kapten Sumarsono sepanjang 3,3 kilometer yang belum bisa dibangun karena terkendala masalah lahan.

Kendala pembebasan lahan di seksi Tanjungmulia disebabkan tumpang tindihnya  kepemilikan. Masyarakat yang telah lama mendiami kawasan itu mengaku memiliki sertifikat tanah.  

"Sekarang, ada tiga kepemilikan yang sedang kami cari solusinya. Kami akan serahkan ke ranah hukum dengan konsinyasi ke pihak pengadilan. Target kami Desember bisa selesai," terang Erry.

Ruas tol Helvetia-Binjai tinggal pembenahan dan penambahan pagar pembatas pengaman yang masih ada beberapa yang kosong. Untuk Tol Medan-Binjai rencananya akan diresmikan Jokowi pada 15 dan 16 Oktober 2017.

"Semua sudah clear, besok rapat di Sesneg, makanya direncanakan akan diresmikan pada 15 dan 16 nanti," tegasnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.