Kompas.com - 02/10/2017, 08:30 WIB
ilustrasi jalan tol ilustrasi jalan tol
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Dalam rencana pembangunan Jalan Tol Padang-Bukittinggi-Pekanbaru, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencari berbagai kemungkinan pembiayaan.

Pasalnya, biaya pembangunan Tol di Sumatera Barat hingga Riau ini cukup tinggi mengingat diperlukan adanya dua terowongan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tol Pekanbaru kan memang sedang dilakukan persiapan. Kalau ditotal, biaya konstrusinya Rp 35 triliun," ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna di kantornya, Jumat (29/9/2017).

Herry mengatakan, panjang terowongan ini mencapai 7 kilometer. Menurut dia, salah satu dukungan pembiayaan yang paling memungkinkan adalah dari Japan International Cooperation Agency (JICA).

Rencananya, Herry akan bertemu dengan JICA untuk membicarakan kembali hal tersebut.

Sebelumnya, JICA mengaku sudah berkomitmen akan membiayai tol Padang-Pekanbaru, terutama di bagian terowongan tersebut.

"Tentu enggak mungkin didanai sepenuhnya oleh JICA. Mereka paling (mendanai) setiap tahun Rp 10 triliun," kata Herry.

Adapun pembangunan terowongan ini, imbuh dia, nantinya akan menggunakan teknologi tinggi.

Belum dapat dipastikan apa teknologinya, karena pemerintah tengah melakukan penyelidikan terhadap jenis tanahnya untuk menentukan bagaimana penanganannya.

"Kalau di sini misalnya kayak Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawua). Tapi, (di Padang-Pekanbaru tergantung jenis tananhnya, secara proses ini masih bergerak," jelas Herry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.