Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Aksi "Fast And Furious", Tol Semarang-Solo Dipasangi 20 CCTV

Kompas.com - 30/09/2017, 11:51 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

BAWEN, KompasProperti - Masih ingatkah Anda, pertengahan Juni 2017, masyarakat dihebohkan dengan video rekaman sebuah minibus melawan arah di Jalan Tol Semarang-Solo ruas Semarang-Ungaran kilometer 20B?

Baca: Viral, Mobil Lawan Arah di Jalan Tol

Video tersebut sempat viral di media sosial. Tak ingin mengulang kejadian serupa, PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Semarang-Solo telah menyiapkan puluhan kamera pengintai (CCTV) di sepanjang jalan tol, mulai dari Banyumanik hinga Salatiga.

Direktur Utama TMJ Yudhi Krisyunoro mengatakan, pengadaan CCTV tersebut untuk mempermudah pemantauan lalu lintas di jalan tol. Ia mengakui, saat ini jumlah CCTV yang terpasang masih sangat minim.

"Saat ini baru tiga buah dan itupun baru di tiap gerbang tol, yakni di GT Banyumanik, GT Bawen, dan GT Salatiga. Belajar dari pengalaman kejadian mobil melawan arus tersebut, kami sedang siapkan banyak CCTV,” kata Yudhi, Sabtu (30/9/2017).

Yudhi mengaku, lantaran minimnya CCTV, saat kejadian tersebut pihaknya kesulitan untuk mengidentifikasi mobil yang melawan arus.

Berdasarkan evaluasi dari kejadian tersebut, TMJ mendesak untuk menambah jumlah CCTV di berbagai sudut.

"Saat ini kami sedang lelang sekitar 20 CCTV. Target kami dapat dipasang paling lambat akhir tahun ini," sebut Yudhi.

Menurutnya, jumlah 20 CCTV tersebut kemungkinan masih akan bertambah sesuai dengan kebutuhan. Idealnya tiap 500 meter, ada satu CCTV yang terpasang.

Namun pada tahap pertama ini, ke-20 CCTV tersebut akan dipasang di titik strategis, seperti di simpang susun, underpass, maupun overpass.

"Tahun depan kami akan pasang lagi, tiap 500 meter. CCTV itu nantinya akan merekam laju kendaraan di dua arah selama 24 jam dalam sehari," jelas Yudhi.

Sebelumnya pada pertengagan Juni 2017 lalu, beredar video rekaman sebuah kendaraan minibus warna silver tertangkap kamera warga melintas melawan arah di Jalan Tol Semarang-Ungaran menuju Salatiga.

Seorang netizen pemilik akun Christovita Wiloto merekam peristiwa itu selama 30 detik.

"EDAN !!! Tadi waktu di tol ke Salatiga dari Semarang, kami dikejutkan dengan mobil FAST FURIOUS ALA INDONESIA, di seberang jalan ada kendaraan melaju kencang melawan arus tol, mobil melaju cukup jauh kembali ke gerbang masuk Salatiga. Edan !!!. Saya rekam via video handphone," tulis akun Christovita Wiloto.

Baca: Viral Mobil Lawan Arus di Tol, TMJ Sebut Pelaku Keluar di GT Ungaran

Tidak diketahui secara persis kapan video itu diambil. Namun pemilik akun tersebut baru mengunggahnya ke Facebook 15 jam yang lalu, dilihat pada Minggu (11/6/2017) pukul 13.20 WIB.

Adegan yang terekam di video tersebut, mobil Toyota Kijang kapsul tersebut terlihat melintas di kilometer 20 hingga 21 ke arah Ungaran yang seharusnya diperuntukkan bagi kendaraan ke arah Semarang.

Paling tidak, sepanjang rekaman video, mobil tersebut sudah melaju melawan arus sepanjang 500 meter. Sedikitnya, ada enam mobil yang berpapasan dengan kendaraan yang nekat tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com