PK Ojong–Jakob Oetama Tower Ikuti Kontes Gedung Hemat Energi

Kompas.com - 27/09/2017, 17:30 WIB
Fasad kulit ganda pada PK Ojong-Jakob Oetama Tower memungkinkan ruangan indoor tidak memerlukan AC. Antonius Wisnu Nugroho/Kompas.comFasad kulit ganda pada PK Ojong-Jakob Oetama Tower memungkinkan ruangan indoor tidak memerlukan AC.
|
EditorHilda B Alexander

TANGERANG, KompasProperti - Dinamakan PK Ojong–Jakob Oetama Tower, gedung baru Universitas Multimedia Nusantara (UMN) ini, memiliki sejumlah keunggulan.

Salah satunya yang menonjol adalah konsel desain pasif sehingga mampu meminimalkan pemakaian energi selama gedung beroperasi.

Berdasarkan hal tersebut, gedung ini akan diikutsertakan dalam ajang penghargaan seperti gedung UMN sebelumnya.

"Awalnya ikut di tingkat nasional Pekan Efisiensi Energi Nasional yang diadakan ESDM (Kementerian Energi, Sumber Daya, dan Mineral) kalau juara dari situ naik ke tingkat internasional," ujar Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Andrey Andoko kepada KompasProperti, Rabu (27/9/2017).

Ia mengaku optimistis bisa menjuarai ajang penghargaan tersebut mengingat UMN tahun lalu juga dinobatkan sebagai gedung paling paling hemat energi.

Baca: PK Ojong-Jakob Oetama Tower Diresmikan

Fasad kulit ganda merupakan representasi dari desain pasif PK Ojong-Jakob Oetama Tower.Antonius Wisnu Nugroho/Kompas.com Fasad kulit ganda merupakan representasi dari desain pasif PK Ojong-Jakob Oetama Tower.
Gedung New Media Tower Universitas Multimedia Nusantara berhasil menjadi pemenang pertama kategori gedung baru hemat energi dalam ajang Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) pada 2013 lalu.

Setahun setelah itu, gedung yang sama menyabet juara pertama Energy Efficient Building kategori Tropical Building pada ASEAN Energy Award.

Penerapan passive design mampu mengurangi konsumsi listrik pada gedung secara signifikan.

Seperti gedung New Media, PK Ojong–Jakob Oetama Tower menggunakan double skin facade yang akan mengontrol intesitas cahaya dan panas matahari yang masuk ke dalam ruangan sehingga ruangan cukup terang dan dingin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X