PK Ojong–Jakob Oetama Tower Diresmikan

Kompas.com - 27/09/2017, 15:00 WIB
Peresmian P.K. Ojong–Jakob Oetama Tower di Kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Gading Serpong, Tangerang, Rabu (27/9/2017) Arimbi RamadhianiPeresmian P.K. Ojong–Jakob Oetama Tower di Kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Gading Serpong, Tangerang, Rabu (27/9/2017)
|
EditorHilda B Alexander

TANGERANG, KompasProperti – Dalam rangka mendukung langkah pemerintah mengurangi konsumsi energi, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menerapkan rancang struktur dan konstruksi bangunan ramah lingkungan.

Gedung baru ini diberi nama pendiri Kompas Gramedia (KG) yakni PK Ojong–Jakob Oetama Tower. Bertepatan dengan ulang tahun Jakob Oetama, gedung hemat energi ini diresmikan pada Rabu (27/9/2017).

"UMN dan seluruh sivitas akademika bersyukur karena hari ini ulang tahun pendiri Kompas Gramedia sekaligus perayaan 10 tahun berdirinya UMN," ujar Ketua Yayasan Multimudia Teddy Suryanto saat peresmian P.K. Ojong–Jakob Oetama Tower di Gading Serpong, Tangerang, Banten.

Dia menuturkan perayaan 10 tahun ini dihitung sejak pertama kalinya UMN melaksanakan kegiatan belajar mengajar yakni pada 2007. Sementara, pendirian UMN sudah berlangsung sejak 2006.

Teddy mengisahkan, pendirian UMN dilatarbelakangi visi Jakob Oetama untuk menghadirkan kampus dengan konsep belajar "New Media".

Inisiatif Jakob Oetama untuk mendirikan institusi pendidikan sebenarnya tidak mengherankan. Pasalnya, beberapa sahabat Jakob Oetama juga lebih dulu menginisiasi pendirian sejumlah perguruan tinggi.

Salah satu ruangan di P.K. Ojong–Jakob Oetama Tower Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Gedung ini berkonsep passive design sehingga hemat energi tanpa perlu menggunakan pendingin ruangan. Arimbi Ramadhiani Salah satu ruangan di P.K. Ojong–Jakob Oetama Tower Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Gedung ini berkonsep passive design sehingga hemat energi tanpa perlu menggunakan pendingin ruangan.
Selain itu, Jakob Oetama dan sahabat-sahabatnya pun pernah berjasa di dunia pendidikan karena berprofesi sebagai guru.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini penghargaan kecil UMN kepada pendiri KG dan UMN. Semoga ini jadi hal yang patut dikenang," kata Teddy.

PK Ojong–Jakob Oetama Tower dirancang dengan konsep passive design seperti gedung pendahulunya, New Media Tower yang meraih juara pertama Energy Efficient Building kategori Tropical Building di ASEAN Energy Award 2014 lalu.

Penerapan passive design ini memungkinkan pengurangan konsumsi listrik pada gedung secara cukup signifikan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X