Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Peresmian Tol Medan-Tebing Tinggi Tunggu Jadwal Presiden

Kompas.com - 27/09/2017, 16:21 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

PADANG, KompasProperti - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan pekerjaan Jalan Tol Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, terutama Seksi II hingga VI sudah rampung, dan siap diresmikan.

"Peresmiannya tinggal menunggu jadwal Presiden saja. Semua sudah siap seratus persen," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kepada KompasProperti, usai penganugerahan gelar doktor kehormatan Megawati Soekarnoputri, di Universitas Negeri Padang, Rabu (27/9/2017). 

Basuki menuturkan, semua rambu, marka jalan, dan infrastruktur pendukung jalan tol juga telah dipasang sempurna. Sebelumnya, ruas jalan yang merupakan bagian dari jaringan Tol Trans Sumatera ini sudah digunakan saat mudik Lebaran 2017.

"Pokoknya semua sudah siap. Kapan saja Presiden mau resmikan, kami sudah siap," kata Basuki.

 

Jalan tol sepanjang 61,72 kilometer ini, terbagi menjadi tujuh seksi. Seksi I sampai Seksi 6 sepanjang 52,85 kilometer yang terbentang dari Tanjung Morawa hingga Sei Rampah.

Sementara Seksi 7 Sei Rampah-Tebing Tinggi ditargetkan rampung pada April 2018 karena masih terkendala pengadaan lahan yang melewati kawasan permukiman. Secara keseluruhan progres ruas tol Sei Rempah-Tebing Tinggi sudah mencapai 75 persen.

Sebagian ruas Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) yang tengah dikerjakan.Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Sebagian ruas Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) yang tengah dikerjakan.
Untuk diketahui, pemegang konsesi Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi adalah konsorsium PT Jasa Marga Kualanamu Tol.

Perusahaan yang tergabung dalam konsorsium ini adalah PT Jasa Marga (persero) Tbk PT Jasa Marga (Persero) Tbk dengan kepemilikan sebesar 55 persen, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk 15 persen, PT Waskita Karya (Persero) Tbk 15 persen dan PT Hutama Karya (Persero) 15 persen.

Sementara itu untuk Tol Palembang-Simpang Indralaya sepanjang 22 kilometer dengan investasi Rp 3,3 triliun, Basuki juga memastikan pekerjaan fisiknya sesuai jadwal yang ditetapkan.

"Sama dengan Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, ruas Palembang-Indralaya juga tinggal tunggu jadwal Pak jokowi," tuntas Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com