Begini Mulusnya Tol Jombang-Mojokerto

Kompas.com - 13/09/2017, 18:23 WIB
Gerbang Tol Jombang-Mojokerto. Dokumentasi PT Marga Harjaya InfrastrukturGerbang Tol Jombang-Mojokerto.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Raksasa otomotif Nasional PT Astra International Tbk melalui sayap bisnis infrastruktur, Astra Infra, kian agresif menggarap pengembangan jalan tol, terutama yang masuk dalam jaringan Tol Trans-Jawa.

Salah jalan tol yang konsesinya 100 persen dimiliki Astra Infra melalui PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) adalah Kertosono-Mojokerto. Jalan tol ini dirancang sepanjang 40,5 kilometer.

Ada pun ruas tol yang pada Minggu (10/9/2017) lalu diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah Jombang-Mojokerto.

Sejatinya, sebelum diambil alih MHI, jalan tol ini telah lebih dari dua dekade terbengkalai. Namun, karena ditargetkan harus selesai untuk mobilitas dan konektivitas warga, akhirnya rampung pekerjaannya.

Ruas Jombang-Bandar Kedungmulyo sepi pengendara. Gambar diambil Selasa (29/6/2016).Hilda B Alexander/Kompas.com Ruas Jombang-Bandar Kedungmulyo sepi pengendara. Gambar diambil Selasa (29/6/2016).
Dalam seremoni peresmian, Jokowi mengatakan, telah mendapatkan laporan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono tentang Tol MJombang-Mojokerto yang sudah selesai pembangunannya.

"Hari Minggu saja langsung kita resmikan agar bisa secepatnya digunakan masyarakat," kata Jokowi.

Ruas tol ini, kata dia, seharusnya sudah mulai dibangun sejak tahun 1996, namun terkendala sulitnya pengadaan lahan dan minimnya dukungan pemerintah.

"Saat ini kita sudah mengetahui cara menyelesaikannya. Bila infrastruktur tidak dibangun secepat mungkin, pasti akan semakin mahal biaya lahan dan konstruksinya. Harga tanah naik terus, sehingga investasi semakin besar. Kita akan sulit untuk bersaing," jelasnya.

Kondisi aktual Tol Jombang-Mojokerto.Dokumentasi PT Marga Harjaya Infrastruktur Kondisi aktual Tol Jombang-Mojokerto.

Jalan tol yang diresmikan sepanjang 24,9 kilometer, ini terdiri dari seksi II ruas Jombang-Mojokerto Kota (19,9 kilometer) dan seksi III ruas Mojokerto Barat-Mojokerto Utara (5 kilometer).

Dengan diresmikannya kedua seksi tersebut, maka panjang Tol Moker yang beroperasi menjadi 39,6 kilometer dari total 40,5 kilometer dengan besaran investasi senilai Rp 5,5 triliun.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X