Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Mulusnya Tol Jombang-Mojokerto

Kompas.com - 13/09/2017, 18:23 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Raksasa otomotif Nasional PT Astra International Tbk melalui sayap bisnis infrastruktur, Astra Infra, kian agresif menggarap pengembangan jalan tol, terutama yang masuk dalam jaringan Tol Trans-Jawa.

Salah jalan tol yang konsesinya 100 persen dimiliki Astra Infra melalui PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) adalah Kertosono-Mojokerto. Jalan tol ini dirancang sepanjang 40,5 kilometer.

Ada pun ruas tol yang pada Minggu (10/9/2017) lalu diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah Jombang-Mojokerto.

Sejatinya, sebelum diambil alih MHI, jalan tol ini telah lebih dari dua dekade terbengkalai. Namun, karena ditargetkan harus selesai untuk mobilitas dan konektivitas warga, akhirnya rampung pekerjaannya.

Ruas Jombang-Bandar Kedungmulyo sepi pengendara. Gambar diambil Selasa (29/6/2016).Hilda B Alexander/Kompas.com Ruas Jombang-Bandar Kedungmulyo sepi pengendara. Gambar diambil Selasa (29/6/2016).
Dalam seremoni peresmian, Jokowi mengatakan, telah mendapatkan laporan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono tentang Tol MJombang-Mojokerto yang sudah selesai pembangunannya.

"Hari Minggu saja langsung kita resmikan agar bisa secepatnya digunakan masyarakat," kata Jokowi.

Ruas tol ini, kata dia, seharusnya sudah mulai dibangun sejak tahun 1996, namun terkendala sulitnya pengadaan lahan dan minimnya dukungan pemerintah.

"Saat ini kita sudah mengetahui cara menyelesaikannya. Bila infrastruktur tidak dibangun secepat mungkin, pasti akan semakin mahal biaya lahan dan konstruksinya. Harga tanah naik terus, sehingga investasi semakin besar. Kita akan sulit untuk bersaing," jelasnya.

Kondisi aktual Tol Jombang-Mojokerto.Dokumentasi PT Marga Harjaya Infrastruktur Kondisi aktual Tol Jombang-Mojokerto.

Jalan tol yang diresmikan sepanjang 24,9 kilometer, ini terdiri dari seksi II ruas Jombang-Mojokerto Kota (19,9 kilometer) dan seksi III ruas Mojokerto Barat-Mojokerto Utara (5 kilometer).

Dengan diresmikannya kedua seksi tersebut, maka panjang Tol Moker yang beroperasi menjadi 39,6 kilometer dari total 40,5 kilometer dengan besaran investasi senilai Rp 5,5 triliun.

Sebelumnya pada tahun 2014, telah dioperasikan seksi I ruas Bandar-Jombang (14,7 kilometer). Sementara seksi IV Bandar-Batas Barat (0,9 kilometer) merupakan penghubung dengan Tol Solo-Kertosono yang saat ini konstruksinya sudah 96 persen.

Pembangunan Tol Moker yang merupakan salah Proyek Strategis Nasional (PSN) dilakukan melalui investasi swasta murni yakni PT Marga Harjaya Infrastruktur yang merupakan bagian dari Astra Infra Group yang juga terlibat dalam pengusahaan jalan tol, antara lain pada ruas Tangerang-Merak dan Cikopo-Palimanan.

Kondisi aktual Jalan Tol Jombang-MojokertoDokumentasi PT Marga Harjaya Infrastruktur Kondisi aktual Jalan Tol Jombang-Mojokerto
Mulus

Secara umum, kondisi ruas Tol Jombang-Mojokerto ini dalam keadaan mulus, dan bagus. Nyaris tak ada bagian jalan yang bergelombang.

Saat KompasProperti menjajal ruas tol ini, rambu lalu lintas, marka jalan, dan lampu penerang, terpasang dengan lengkap dan dalam kondisi baik serta sesuai standar keamanan dan keselamatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com